PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SIANJUR MULA-MULA

Charles Fransiscus Ambarita

Abstract


Abstract: In the era of the Covid-19 pandemic, all areas of  life have been controlled by advanced technology, including education. The government issues a policy regarding online or online learning systems. This study aims to analyze the effect of online learning and the ability to think creatively and critically on student achievement. The data used in this study are primary and secondary data, while the method used in this study is the causal associative research method. The data analysis technique in this study uses multiple linear regression analysis techniques. Based on the research results it was found that partially online learning has a positive and significant effect on student achievement. Partially, the ability to think creatively and critically has a positive and significant effect on student achievement. Simultaneously there is a significant influence between online learning and the ability to think creatively and critically on student achievement.

 

Keywords: Online learning, Thinking skills, Learning achievement

 

Abstrak : Di era pandemi Covid-19, segala bidang kehidupan telah dikuasai oleh teknologi canggih termasuk bidang pendidikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang sistem pembelajaran secara daring atau online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran online dan kemampuan berfikir kreatif dan kritis terhadap prestasi belajar siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian asosiatif kausal. Adapun teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa secara parsial pembelajaran online berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Secara parsial kemampuan berfikir kreatif dan kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Secara stimultan terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran online dan kemampuan berfikir kreatif dan kritis terhadap prestasi belajar siswa.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Online, Kemampuan Berfikir, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019. , Pub. L. No. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 326 (2020).

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)

Degeng, I.N.S., 1989, Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta : Depdikbud.

Briliannur Dwi C dkk, Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Trunojoyo Madura, Vol. 7, No.4

Ibrahim, A. M. (2020, April 26). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian dan Kebijakan Pemerintah Indonesia. Diambil 14 November 2020, dari Https://sukabumiupdate.com/ website: https://sukabumiupdate.com/detail/bale- warga/opini/68505-DampakCovid-19-Terhadap-Perekonomian-dan-Kebijakan Pemerintah-Indonesia

Bardi. 2014. Pengaruh Soft Skills Terhadap Keterampilan Siswa. Jurnal Gardan. Vol.4, No.1, Agustus 2014, 15-27.

Fauzi, Erwin. 2012. Hubungan Antara Tingkat Pemahaman Soft Skills Dengan Nilai Praktik Proses Pemesinan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Piri I Yogyakarta. Skripsi: FT UNY.

Firikawati, Lina. 2010. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun pembelajaranan 2009/2010. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nugroho, Kuniawan S. 2014. Hubungan Soft Skills Dengan Prestasi Pratik Industri Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Klaten Tengah. Skirpsi: FT UNY.

Patmawati, Herti. 2011. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Dengan Metode Praktikum. Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rosana, Lukas Nana. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol.3, No.1, Juni 2014, 34-44.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wicaksono, A. C. Candra. 2014. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Dengan Strategi Reciprocal Teachhing. Jurnal Pendidikan Sains, Vol.2, No.2, Juni 2014, Hal.85-92, ISSN: 2338-9117.

Wulandari, Nadiah et al. 2011. Pengaruh Problem Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar MahaSiswa. Jurnal Tekno-Pedagogi, Vol.1, No.1, Maret 2011, 14- 24, ISSN: 2088-205X.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i3.25721

Article Metrics

Abstract view : 352 times
PDF - 1342 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International