PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI UMUM SISWA KELAS X AP DI SMK SWASTA PABA BINJAI T.P 2020/2021

Tauada Silalahi, Azmuna Wulandari

Abstract


Masalah dalam penelitian  ini adalah rendahnya hasil belajar administrasi umum siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar administrasi umum siswa kelas  X AP di SMK Swasta PABA Binjai Tahun Pelajaran  2020/2021. Populasi dalam penelitian  ini adalah seluruh siswa kelas X AP sebanyak 2 kelas sejumlah 49 orang, dengan teknik sampel total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, dan selanjutnya dianalisis dengan uji regresi, uji t (uji parsial), uji f (uji simultan), dan analisis koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel  Media pembeajaran E-Learning (X1) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan hasil belajar (Y)  dengan nilai 0,449 dan memiliki pengaruh signifikan karena t hitung > t tabel   yaitu 3,945 >2,01174. Sedangkan  variabel Kemandirian Belajar (X2) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan hasil belajar (Y) dengan nilai 0,782 dan memiliki pengaruh signifikan karena t hitung    > t tabel    (6.012> 2,01174). Sementara secara simultan variabel X1, X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan F hitung  yang sebesar 8,359 yang lebih besar dari F tabel yaitu 4,05. Media Pembelajaran E-Learning, Kemandirian Belajar memiliki determinasi sebesar 44,6 terhadap hasil belajar, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran e-learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar administrasi umum siswa kelas X AP di SMK Swasta PABA Binjai Tahun Ajaran 2020/2021.

Kata Kunci : Media Pembelajaran E-Learning, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar   


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i3.25722

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International