UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS V SDN 8 SINTANG
Abstract
Abstract: The Efforts to Increase Science of skills process through Problem Based Learning Model in Class 5th of SDN 8 Sintang. This study aims to improve the science of skill process by Problem Based Learning model for grade 5th of SDN 8 Sintang. This research was conducted in February-March 2021. The kind of this research is Classroom Action Research using the Kemmis and Mc Taggart models. The research subjects were the 5th grade students of SDN 8 Sintang with a total of 28 students consisting of 18 boys and 10 girls. The research was conducted in two cycles and each cycle consisted of two meetings. Every cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The data was collected through observation, tests and interviews. Data analysis is descriptive qualitative and quantitative. The result of this research found that the Problem Based Learning model can improve the science of skill process of 5th grade students at SDN 8 Sintang on the lesson of heat transfer.
Keyword : Problem Based Learning, Science of Skill Process
Abstrak. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas V SDN 8 Sintang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V SDN 8 Sintang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 8 Sintang dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan wawancara. Analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat diketahui bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat
meningkatkan keterampilan proses IPA siswa kelas V SDN 8 Sintang pada materi
perpindahan panas.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Keterampilan Proses IPA
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ani Widayati. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTASI INDONESIA, VI(1), 88–89.
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 41.
Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 22.
Eliyana, E. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar Ipa Materi Tumbuhan Hijau Pada Siswa Kelas V Sdn 3 Panjerejo Di Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 87.
Emmi Susiyanti. (2017). PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA NYATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG STRUKTUR AKAR PADA SISWA KELAS IV SDN 11 TEBATKARAI KABUPATEN KEPAHIANG. 10(1), 18.
Encep Andriana, Suci Ramadayanti, T. E. N. (2020). PEMBELAJARAN IPA DI SD PADA MASA COVID 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 410.
Faizah M.Nur. (2012). PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SAINS KELAS V SD PADA POKOK BAHASAN MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 70.
Juhji. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 61.
Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2014). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 127.
Marhamah I. Kiay. (2018). MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 4 GORONTALO. JPs: Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 03(02), 139.
Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(1), 51.
Oviana, W. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Mahasiswa Pgmi Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA MI. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 1(2), 131.
Wijanarko, Y. (2017). MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK PEMBELAJARAN IPA YANG MENYENANGKAN Yudi. JURNAL TAMAN CENDEKIA, 01(01), 52–53.
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i3.25787
Article Metrics
Abstract view : 286 timesPDF - 276 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Universitas Negeri Medan
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id