MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN KERAJAAN MALAKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DI KELAS X IS-3 SMA NEGERI 1 STM HILIR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Elvia Nasda

Abstract


Abstract: Increasing Students' Learning Motivation in the Main History Subjects of the Kingdom of Malacca Using the Brainstorming Method in Class X Is-3 Sma Negeri 1 Stm Downstream for the 2019/2020 Academic Year. This study aims to determine the increase in students' learning motivation using the Brainstorming method in Class X IS-3 SMA Negeri 1 STM Hilir for the 2019/2020 academic year. The research method is in the form of classroom action and the research subject is Class X. The class consists of 30 students. Based on the learning outcomes of the first cycle, the average score was 72. After the second cycle, there was an increase to 86.93. In this study, the data obtained for individual and classical learning completeness criteria were as many as 30 students or 100%. Thus the learning in this study can be said to be complete. The level of student mastery of the material being taught, which is made based on the final test is 100% of students who have very high mastery. Based on the results of the research above, it can be seen that learning using the Brainstorming method can increase student learning motivation in Class IS-3 SMA Negeri 1 STM Hilir for the 2019/2020 academic year.

 

Keyword: Learning motivation, Brainstorming Method.

 

Abstrak: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Pokok Bahasan Kerajaan Malaka Dengan Menggunakan Metode Brainstorming Di Kelas X Is-3 Sma Negeri 1 Stm Hilir Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode Brainstorming di Kelas X IS-3 SMA Negeri 1 STM Hilir Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian berupa penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah Kelas X. Kelas yang diteliti terdiri dari 30 orang  siswa. Berdasarkan hasil belajar dari siklus I, diperoleh nilai rata-rata 72. Setelah suklus  II, terjadi peningkatan menjadi 86,93. Pada penelitian ini diperoleh data kriteria ketuntasan belajar individu dan klasikal, menjadi sebanyak 30 siswa atau sebesar 100%. Dengan demikian pembelajaran pada penelitian ini dapat dikatakan telah tuntas.Tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, yang dibuat berdasarkan tes akhir adalah 100% siswa yang mempunyai penguasaan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di Kelas IS-3 SMA Negeri 1 STM Hilir Tahun Pelajaran 2019/2020.

 

Kata Kunci:  Motivasi belajar, Metode Brainstorming.

Full Text:

PDF

References


Affandy. 2008.http//affandy.ss.blog.plasa.com/2008/06/28/Brainstorming/ (Accessed Juni 2009)

Ayan, Jordan. 2002. Bengkel Kreativitas. Bandung : Kaifa

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dewi, Rosmala. 2010. Penelitian Tindakan Kelas.Medan : cv darma

Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Eveline. 2010. Teori dan Pembelajaran.Bogor : Ghalia Indonesia

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

_______. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan. Cipayung : Guang Persada

Nurani, Yuliani. 2003. Strategi Pembelajran. Jakarta : Universitas Terbuka

Rinella Putri (Dalam http//vibinews.com/journal.php?id=88&page=hr

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i3.26842

Article Metrics

Abstract view : 318 times
PDF - 956 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International