GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM MENGAJAR

Jihan Hidayah Putri, Khairun Nissa Nissa

Abstract


Abstract : Principal's Leadership Style on Teacher Performance in Teaching. The purpose of this study is to find out in writing whether the principal's leadership style can make a significant contribution to teacher performance in teaching. This type of research is a literature study, with five stages, namely (1) collecting literature and then reviewing several important terms in research, (2) collecting relevant research literature, (3) conducting in-depth analysis based on all the literature that has been obtained using compiling a discussion, (4) drawing conclusions based on the results of the analysis, (5) making suggestions based on the findings obtained. The conclusion of this study is that the principal's leadership style in writing can have a significant impact on teacher performance in teaching.


Keywords: Principal's Leadership Style, Teacher Performance

 

Abstrak : Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara tertulis, apakah gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru dalam mengajar. Jenis penelitian ini adalah studi literatur, dengan lima tahapan, yaitu (1) mengumpulkan literatur kemudian melakukan review terhadap beberapa istilah  penting  dalam penelitian, (2) mengumpulkan literatur hasil penelitian relevan, (3) melakukan analisis secara mendalam berdasarkan semua literatur yang telah diperoleh dengan menyusun pembahasan, (4) menyusun kesimpulan berdasarkan hasil analisis, (5) mengajukan saran berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara tertulis gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja guru dalam mengajar.

 

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru


Keywords


Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Baharun, Hasan.2017. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah, Jurnal Ilmu Tarbiyah, Vol. 6, No. 1, 2017.

Hamdan, Fransisko dan Rizky.2021.Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah.Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol.7.No.1 Tahun 2021

Lilis, Siti. 2016. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Vol. 1 Tahun 2016.

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Noormahmudah.2021.Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Magister Manajemen Pendidikan UNISKA MAB, Vol.1, No 1 Tahun 2021

Nurussalami.2018.Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kinerja Guru Pada SD Negeri Siem Kecamatan Darussalam Aceh Besar. Vol.IV. No 1.

Ratnasari, M. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1), 208–225.

Siti Nurbaya, Cut Zahri dan Djailani.2015. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lambaro Angan.Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol.3.No.2.Mei 2015

Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Zuryati, Djailani dan Nasir. 2015.Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SDN Muara Dua Lhoksuemawe. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol.3, No.2, Mei 2015




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i4.27982

Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF - 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International