INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR INKLUSI

Dewi Widiana Rahayu, Akhwani Akhwani

Abstract


Abstrak : Internalisasi Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar Inklusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai karakter pada siswa sekolah dasar inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis berupa studi kasus di salah satu sekolah dasar Inklusi di Gresik. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan karyawan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Temuan penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penanaman karakter dibangun melalui keteladana kepala sekolah, keteladanan guru, dan pembiasaan yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Kepala sekolah berperan memberi keteladanan, mengadakan evaluasi, penyelenggaraan kegiatan sekolah, serta komitmen dalam menjalankan tugas sebagai kepala sekolah. Guru pendamping maupun guru kelas berperan sebagai sebagai pengajar dan pendidik serta memberi keteladanan bagi siswa dan memiliki komitmen untuk membangun karakter positif siswa.

Keywords


Nilai Karakter; Inklusi

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2010. Model Pembelajaran Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kehidupan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 17 (1) 46-54.

Alma, Buchori, dkk. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta

Wati, Ery. 2014. Manajemen Pendidikan Inklusi di SDN 32 Kota Banda Aceh. Jurnal DIDAKTIKA. Vol XIV NO. 2, 368-378.

Alimin, Z., Memahami Pendidikan Inklusif dan Anak Berkebutuhan Khusus, Makalah diterbitkan, Bandung: Jurusan PLB FIP UPI, 2005.

Depdiknas, PLB, Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif, Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa, 2007.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 70, Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi, 2009.

Peraturan Bupati Gresik Nomor 42 Tahun, Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi, 2013.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.28605

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International