ANALISIS DAMPAK NEGATIF KECANDUAN GAME ONLINE FREE FIRE PADA SISWA KELAS III SD

Wanda Nadiyah Amirah, Zaka Hadikusuma Ramadan

Abstract


Abstrak: Analisis Dampak Negatif Game Online Free Fire pada Siswa Kelas III SD Negeri 177 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian ini adalah  untuk menganalisis dampak negatif kecanduan game online Free Fire pada siswa kelas III SD Negeri 177 Pekanbaru. Metode pengumpulan data dalam penelitian diperoleh melalaui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas III SD beserta seorang wali kelas III SD Negeri 177 Pekanbaru.  Hasil penelitian  menunjukkan terdapat dampak negatif game online Free Fire yang mendominasi siswa.


Kata Kunci : Dampak negatif, Kecanduan, Game Online Free Fire



Keywords


Dampak negatif; Kecanduan; Game Online Free Fire

Full Text:

PDF

References


Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 17(02), 9-20.

Amran, Ali, dkk. 2020. Kecanduan Game Online Mobile Legends dan Emosi Siswa SMAN 3 Batusangkar. Jurnal Patriot, 2(4) hlm 1118-1130.

Baderi, dan Siska Andriani. 2019.Hubungan Lama Bermain Game Online Personal Computer Dengan Nyeri Punggung Pada Remaja. Nursion of Journal STIKES Insan Cendekia Medika Jombang, 17 (1) hlm 1-7.

Barata, Arya dkk. 2020. Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Game Online Free Fire Pada Siswa SMK Negeri 1 Martapura Kabupaten Oku Timur. Jurnal Online Mahasiswa Komunikasi, 1(1).

Febrina, Conni La. 2014. Pengaruh Intensitas Bermain Game On-line Terhadap Agresivitas Siswa. Jurnal Ilmiah Visi P2TK PAUD NI. 9 (1) hlm 30.

Fithriyah, Rinda. 2019. Hubungan Durasi Bermain Video Game Dengan Ketajaman Penglihatan Pada Anak Sekolah di SDN 007 Pulau Birandang. Jurnal Ners, 3(2) hlm11-18.

Haqiqi, Akhmad Nur dan Muhith, Abd. 2020. Efek Negatif Bermain Game Online “Free Fire Battlegrounds” Terhadap Akhlak Remaja di Desa Ambulu Kabupaten Jember. Journal of Social Studies, 1(1) hlm 62

Indrawati, Lilik. 2019. “Bermain dan Permainan”. https://www.kompasiana.com/lilik23268/5c97b2693ba7f7766649b162/bermain-dan-permainan?page=all. Diakses 23 Mei 2021.

Mertika dan Mariana. 2020. Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal of Education Review and Research, 3(2) hlm 99-104.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Mustikasari, Bety, Deka Setiawan, Iko Ari Pratiwi. 2020. Analisis Kebiasaan Bermain Game Online Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia SD di Desa Prawoto. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, VI (2) hlm 181-190.

Pirantika, Anggit, dan Rosalia Susila Purwanti. 2017. Adiksi Bermain Game Online Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Indonesia, 3(3) hlm 1-9.

Safitri, Salsabila Senja. 2020. Game Online dan Pengaruh Interaksi Sosial di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Edumaspul, 4(1) hlm 364-374.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Developement). Bandung: Alfabeta

Wahidah, Putri Wardhatul. 2019. “Hubungan Antara Kecanduan Game Online Smartphone dengan Perilaku Agresif pada Siswa”. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.29126

Article Metrics

Abstract view : 580 times
PDF - 800 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International