IMPLEMENTASI APLIKASI SINAU.ID PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA DARING PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BUMIAYU

Cintya Nurika Irma, Rahmany Hidayat

Abstract


Abstrak: Implementasi Aplikasi SINAU.ID Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Bumiayu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan                         (1) prototipe SINAU.ID sebagai solusi implementasi pembelajaran Bahasa Indonesia pada sekolah dasar di Kecamatan Bumiayu, dan (2) penerapan SINAU.ID dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada sekolah dasar di Kecamatan Bumiayu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus, Subjek penelitian dilakukan pada kepala sekolah dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Adisana 04, SD Negeri Kalierang 01, dan 3) SD Negeri Kalierang 02. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumen, dan angket.Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) prototipe SINAU.ID terdapat enam bagian yang diperlukan meliputi a) bagian 1 masuk kelas, untuk dapat bergabung menggunakan kode yang diberikan oleh guru dan secara otomatis sebagai daftar hadir,                           b) bagian 2 materi pembelajaran, berisi materi pelajaran yang terdiri atas dua bagian yakni wajib dan sinau terkait materi “menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan”, c) bagian 3 tugas, terdapat dua bagian yakni wajib dan sinau,                    d) bagian 4 hiburan,  tiga fitur hiburan yaitu dongeng, membaca, dan permainan, e) bagian 5 bekal orang tua, berkaitan pemahaman Pendidikan dan pengajaran dalam bentuk video maupun tulisan, dan f) bagian 6 penilaian, menampilkan nilai dan catatan dan (2) penerapan SINAU.ID mempertimbangkan kemudahan, kebersesuaian, kemenarikan, keberfungsian, dan keterjangkauan.

 

Kata kunci: aplikasi, daring, sekolah dasar, literasi, SINAU.ID

 

 

Abstract: Implementation of SINAU.ID Application on Online Indonesian Learning at Elementary School in Bumiayu Subdistrict. This research aims to analyze and describe (1) SINAU.ID prototype as a solution for the implementation of Indonesian learning in elementary schools in Bumiayu Subdistrict, and (2) the application of SINAU.ID in Indonesian learning in elementary schools in Bumiayu Subdistrict. This type of research is qualitative with case study methods, Research subjects are conducted on principals and teachers of Indonesian subjects in Adisana State Elementary School 04, Kalierang State Elementary School 01, and 3) Kalierang State Elementary School 02. Data collection techniques are carried out by observation, interviews, documents, and questionnaires. Data analysis techniques consist of data reduction, data presentation, and conclusion withdrawal. The results showed (1) the prototype SINAU.ID there are six parts required including a) part 1 of the class entrance, to be able to join using the code given by the teacher and automatically as a list of attendance, b) part 2 of the learning material, containing the subject matter consisting of two parts, namely mandatory and sinau related to the material "outlining the message in the fairy tale presented orally,  writing, and visuals for the purpose of pleasure",", c) part 3 of the task, there are two parts, namely mandatory and sinau, d) part 4 entertainment, three entertainment features namely fairy tales, reading, and games, e) part 5 provisions of parents, related to understanding education and teaching in the form of video and writing, and f) part 6 assessment, displaying values and notes and (2) the application of SINAU.ID considering ease, conformity,  sustainability, functionality, and affordability.

 

Keywords: apps, online, elementary school, literacy, SINAU.ID


Keywords


apps, online, elementary school, literacy, SINAU.ID

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Hasan & Asep Risih Riswaya. 2014. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech & Bisnis Vol 8, No.2

Ayubi, S. Al .2020. Konsep Perkuliahan Daring Google Classroom, 13 (2): 106-131.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Model Silabus Mata Pelajaran SD/MI. Jakarta: BP. Cipta Jaya.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1): 55-61.

Gasong, Dina. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education.

Ginting, Meta Br. 2020. Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas Rendah. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Jamaluddin, et al.,.2020. Belajar dari Covid-19: Perspektif Sosiologi, Budaya, Hukum, Kebijakan dan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar. 2 (1): 81-98.

Krissandi, Apri Damai Sagita, dkk. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Jakarta: Penerbit Media Maxima.

Lase, D. 2019. Pendidikan di era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 1 (1): 28-43.

Likert RA. (1967). The Human Organization: Its Management and Value. San Francisco: McGraw-Hill Book Company. Technique for The Measurement Of Attitudes. Archives of Psychology, Vol. 140, p. 1-55.

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Pujasih, E. 2020. Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Dimasa Pandemic Covid-19 Building A Golden Generation By Applying Various Online Learning In The Pandemic Of Covid-19. Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 5 (1): 42-48.

Putria, Hilna, dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4): 861 – 872.

Ramadhan, Rizky, dkk. 2018. Pengembangan Pembelajaran Bauran (Blended Learning) di Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pembelajarana Inovatif, 1 (1): 37- 48.

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Santoso, Harip. 2005. Membuat Multiaplikasi Menggunakan Visual Basic 6. Jakarta; Elex Media Komputindo.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suwendra, Wayan I. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif: dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bnadung: Nilacakra.

Tasrif, H. 2017. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri 092 Pagarantonga. Jurnal Sekolah, 1 (3): 94-103.

Thorn, Warwick J. 1995. Points to Consider when Evaluating Interactive Multimedia. The Internet TESL Journal, II (4).

Utari Ade Afni dan Syafwatul Putria Hidayatullah. 2019. Manfaat ICT Sebagai Media Pembelajaran di SD Dharmajaya Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019.

Yusnawarni. 2014. Peran Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Madah, 5 (2), 171-186.

Yusuf, Muri A. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualittaif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zamroni, Mohammad. 2019. Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Dampak Terhadap Kehidupan. Jurnal Dakwah, X (2): 195-211.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.29338

Article Metrics

Abstract view : 136 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International