ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 039 AIR TERBIT KABUPATEN KAMPAR

Krina Marlina Sari, Siti Quratul Ain

Abstract


Berdasarkan observasi awal, guru di SDN 039 Air Terbit telah merancang perangkat pembelajaran silabus untuk mendukung proses pembelajaran. Guru merancang silabus untuk mengetahui proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan kemampuan guru dalam merancang silabus di SDN 039 Air Terbit Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitaif. Teknik dan instrumenpengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sunmber, waktu dan teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru di SDN 039 Air Terbit mampu merancang perangkat pembelajaran silabus dengan mengikuti seluruh tahapan dan komponenperangkat pembelajaran


Keywords


Kata Kunci : Guru, Silabus, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Afandi. Muhamad. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang. UNISSULA Press

Ahmad Zubaidi. 2015. Model-model Kurikulum/Silabus Pembelajaran Bahasa Arab. jurnal Cendekia. Vol. 13

Daryanto, Dwicahyono Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Hasrawati.A. 2017. “Analisis Perangkat Pembelajaran Tematik. Makassar (Skripsi). Makassar (ID). UIN Alauddin Makassar

Lubis, Maulana Arafat & Azizan Nashran. 2020. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencan

Mulyasa. 2015. “Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Pendidikan Bahasa. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia : Surakarta.

Prastowo Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Rusman. 2014. ” Model-Model Pembelajaran”. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung :Alfabeta.

Tanujaya, Chesley. 2017. Perencanaan Starndart Operational Procedure Produksi Pada Perusahan Coffeein. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol.2.No.1

Zein. 2016. Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Vol. 5.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.29433

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International