ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 039 AIR TERBIT KABUPATEN KAMPAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.29433Keywords:
Kata Kunci, Guru, Silabus, Sekolah DasarAbstract
Berdasarkan observasi awal, guru di SDN 039 Air Terbit telah merancang perangkat pembelajaran silabus untuk mendukung proses pembelajaran. Guru merancang silabus untuk mengetahui proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan kemampuan guru dalam merancang silabus di SDN 039 Air Terbit Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitaif. Teknik dan instrumenpengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sunmber, waktu dan teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru di SDN 039 Air Terbit mampu merancang perangkat pembelajaran silabus dengan mengikuti seluruh tahapan dan komponenperangkat pembelajaranReferences
Abdul Majid. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.
Afandi. Muhamad. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang. UNISSULA Press
Ahmad Zubaidi. 2015. Model-model Kurikulum/Silabus Pembelajaran Bahasa Arab. jurnal Cendekia. Vol. 13
Daryanto, Dwicahyono Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Hasrawati.A. 2017. œAnalisis Perangkat Pembelajaran Tematik. Makassar (Skripsi). Makassar (ID). UIN Alauddin Makassar
Lubis, Maulana Arafat & Azizan Nashran. 2020. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencan
Mulyasa. 2015. œMenjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Pendidikan Bahasa. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia : Surakarta.
Prastowo Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung :Alfabeta.
Tanujaya, Chesley. 2017. Perencanaan Starndart Operational Procedure Produksi Pada Perusahan Coffeein. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol.2.No.1
Zein. 2016. Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Vol. 5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)