ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 039 AIR TERBIT KABUPATEN KAMPAR
Abstract
Berdasarkan observasi awal, guru di SDN 039 Air Terbit telah merancang perangkat pembelajaran silabus untuk mendukung proses pembelajaran. Guru merancang silabus untuk mengetahui proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan kemampuan guru dalam merancang silabus di SDN 039 Air Terbit Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitaif. Teknik dan instrumenpengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sunmber, waktu dan teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru di SDN 039 Air Terbit mampu merancang perangkat pembelajaran silabus dengan mengikuti seluruh tahapan dan komponenperangkat pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.
Afandi. Muhamad. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang. UNISSULA Press
Ahmad Zubaidi. 2015. Model-model Kurikulum/Silabus Pembelajaran Bahasa Arab. jurnal Cendekia. Vol. 13
Daryanto, Dwicahyono Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Hasrawati.A. 2017. “Analisis Perangkat Pembelajaran Tematik. Makassar (Skripsi). Makassar (ID). UIN Alauddin Makassar
Lubis, Maulana Arafat & Azizan Nashran. 2020. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencan
Mulyasa. 2015. “Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Pendidikan Bahasa. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia : Surakarta.
Prastowo Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
Rusman. 2014. ” Model-Model Pembelajaran”. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, Bandung :Alfabeta.
Tanujaya, Chesley. 2017. Perencanaan Starndart Operational Procedure Produksi Pada Perusahan Coffeein. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol.2.No.1
Zein. 2016. Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Vol. 5.
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.29433
Article Metrics
Abstract view : 166 timesPDF - 150 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id