TINGKAT KESIAPAN MAHASISWA PGSD MENJADI SEORANG GURU MATEMATIKA INOVATIF BERDASARKAN FUNGSI KOGNITIF CARL JUNG

Indah Simamora, Juli Loisiana Butar-Butar

Abstract


Tingkat Kesiapan Mahasiswa PGSD Menjadi Seorang Guru Matematika Inovatif Berdasarkan Fungsi Kognitif Carl Jung.  Penelitian bertujuan untuk menguji tingkat kesiapan mahasiswa PGSD Universitas Quality Berastagi sebagai seorang guru matematika yang inovatif melalui kuesioner. Untuk membentuk kreasi inovatif dari seorang guru diperlukan kerangka berpikir yang memanfaatkan di luar dari pola konservatif. Fungsi kognitif Carl Jung dapat digunakan sebagai pengukur dalam pembentukan kepribadian seseorang, yaitu sensing, intuitive, feeling, dan thinking. Salah satu hasil dari proses kognitif otak proses mengelolah informasi ini diharapkan seseorang dapat menerima informasi (perceiving) dan membantu untuk memutuskan (judging).  Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang membentuk konsep dalam memecahkan masalah. Keinovatifan seorang guru sebagai pengajar Matematika meliputi strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan tindakan. Tindakan Guru Inovatif meliputi beberapa hal diantaranya adalah: memahami berbagai karakter siswa, mengorganisir materi pelajaran, menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran, disesuaikan dengan perkembangan iptek agar dalam pembelajarannya tidak monoton (membosankan), serta dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam merespon materi pelajaran. Adapun hasil yang diperoleh bahwa nilai keinovatifan tertinggi mahasiswa PGSD sebagai calon pengajar Matematika ada pada fungsi kognitif feeling dengan persentase 29,53%.

Keywords


mathematics_teacher; innovative_teacher; cognitive_function; mbti

Full Text:

PDF

References


Andrijati, N. (2014). Penerapan media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran matematika sekolah dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 123-132.

Anugrahana, A. (2016). Peningkatan kompetensi dasar mahasiswa calon guru SD pada mata kuliah pendidikan matematika dengan model pembelajaran inovatif. Jurnal Penelitian, 20(2).

Banich, M. T., & Compton., R. J. (2018). Cognitive Neuroscience. Cambridge University Press.

Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S. A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Gunawan, Imam, Nurul Ulfatin, Sultoni Sultoni, Asep Sunandar, DePendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyar, 1(1).

III, R., & L., H. (2013). Applying cognitive psychology to education: Translational educational science. Psychological Science in the Public Interest, 14(1), 1-3.Isaksen, S. G., Lauer, K. J., & Wilson, G. V. (2003). An examination of the relationship between personality type and cognitive style. , 15(4), 343-354. Creativity Research Journal, 15(4), 343-354.

Lubis, K. M. (2011). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Hidrosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Melalui Tindakan Guru Inovatif Pada Kelas X Di Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 8(1), 21-32.

Puji, R. P., & Ahmad, A. R. (2016). Learning style of MBTI personality types in history learning at higher education. Economics, 3(6), 289-295.

Renner, W., Gaball, C., & Ramalingam, P. (2014). . "The importance of individual differences in students and teachers and their interaction with culture: Jung’s personality types. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 40(2), 177-184.

Sa’o, S. (2016). Berpikir intuitif sebagai solusi mengatasi rendahnya prestasi belajar matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 43-56.

Tassell, J. L., Maxwell, M., Stobaugh, R., & Mittelberg, J. (2019). Math and technology leadership academy: Impact on mathematics teacher sense of efficacy. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 27(3), 1-13.

Tatarinceva, A. M., Sokolova, N. L., Sergeeva, M. G., Bedenko, N., N., Samokhin, & S., I. (2018). The influence of a psychological and a cognitive component of a student's thinking style on his/her success in lifelong learning. Espacios, 39(2), 78-82.

Wahyuni, R. (2016). Inovasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl). Jurnal Pendidikan Dasar (Jupendas), 3(2), 33-39.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.30364

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF - 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id