KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM MANAJAMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 14 BINJAI)

Eni Agustina Br. Singarimbun, Saiful Bahri, Salim Aktar

Abstract


Abstract: Principal Performance iIn Implementation    School-Based Management Program (Case Study at Binjai 14 State SMP). This research focuses on the problems of the principals in implementing school-based management programs from planning, organizing, implementing, to supervising at SMP Negeri 14 Binjai. The purpose of this research is describing the implementation of school-based management at SMP Negeri 14 Binjai, describing the performance of the principal in implementing school-based management at SMP Negeri 14 Binjai, and the obstacles and solutions of principals in implementing school-based management at SMP Negeri 14 Binjai. The approach of this research is qualitative by using case study research methods. This research was conducted at SMP Negeri 14 Binjai and the principal as the source of data research. The technique of collecting data are interviews, observation, and documentation. The results of this research indicate that implementing school-based management at SMP Negeri 14 Binjai is done based on the programs involving all components that have an interest, school principals, educators, students, staff administration, and all the community. Implementing school-based management at SMP Negeri 14 Binjai is effective by involving the three components of education.

 

Keywords: Principal Performance, School-Based Management

 

 

Abstrak: Kinerja Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Manajamen Berbasis Sekolah (Studi Kasus Di Smp Negeri 14 Binjai). Penelitian ini difokuskan pada permasalahan kepala sekolah dalam mengimplementasikan program manajemen berbasis sekolah mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, sampai pada pengawasan di SMP Negeri 14 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14 Binjai, mendeskripsikan kinerja kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14 Binjai, dan mendeskripsikan kendala dan solusi kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14 Binjai. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 14 Binjai dengan kepala sekolah sebagai sumber data penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerapan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14 Binjai terlaksana berdasarkan program-program yang ditetapkan dengan melibatkan semua komponen yang mempunyai kepentingan, yaitu kepala sekolah, pendidik, peserta didik staf pegawai tata usaha, dan masyarakat. Penerapan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14 Binjai berjalan efektif dengan melibatkan komponen tri pusat pendidikan.

 

Kata Kunci: Kinerja Kepala Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah


Full Text:

PDF

References


Andreas Lako. 2004. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi. Yogyakarta: Amara Books.

Farida Sarimaya. 2008. Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa dan Bagaimana?.

Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Fred Luthans. 2006. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi. Gerungan. 2004.

Psikologi Sosial, Bandung: PT. Eresco.

Hamzah B Uno. 2006. Profesi Kependidikan. Prolem. solus. dan reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Hani Handoko. T. 2003. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Lexy J Moleong. 2007. Metodologi Pendidikan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep,

Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyasa. E. 2007 Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Sadili Samsudin. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: PT, Rineka Cipta.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Surakarta, Universitas Sebelas Maret.

Syaiful Bahri Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Wahjosumidjo. 2006. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permsasalahannya, Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Winardi. 2000. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.30445

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International