MANFAAT GADGET SEBAGAI SUMBER BELAJAR ONLINE SISWA SD DI MASA PANDEMI COVID-19

Erika Erika, Siti Mayang Sari, Siti Mayang Sari, Yamnur Nurmalia, Yamnur Nurmalia

Abstract


Abstract: Benefits of Gadgets as An Online Learning Resource for Elementary Students In The Covid-19 Pandemic. Gadgets as online learning resources are used effectively, efficiently and beneficially for elementary school students. Excessive use of gadgets has a negative impact on the development of elementary school students. This study aims to describe how the use of gadgets as an online learning resource for elementary school students. Currently one of the learning tools for elementary school students is a gadget because learning is used online, this is done to break the chain of the spread of COVID-19. This research method uses literature study or literature review. The steps in the literature review are finding the topic, determining the title, and making conclusions. From the results of the journal literature, it shows that elementary school students can use gadgets as online learning resources through the supervision of parents and teachers. Because of the impact of using everyday gadgets in the online learning process, elementary school students usually only play games, watch animated films, and so on. This literature study describes the need for parental supervision for elementary school students' learning activities in using gadgets during online learning.

 

Keywords: Gadgets, Learning Resources, Online

 

Abstrak: Manfaat Gadget Sebagai Sumber Belajar Online Siswa Sd Di Masa Pandemi Covid-19. Gadget sebagai sumber belajar online digunakan secara efektif, efisien dan bermanfaat bagi siswa sekolah dasar. Pemanfaatan gadget yang berlebihan berdampak buruk bagi perkembangan siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan gadget sebagai sumber belajar online bagi siswa sekolah dasar. Saat ini salah satu alat belajar siswa sekolah dasar adalah gadget karena pembelajaran digunakan secara online, hal ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran covid-19. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur atau literatur review. Langkah dalam kajian literatur adalah pencarian topik, menentukan judul, dan penyimpulan. Dari hasil literatur jurnal, menunjukkan siswa sekolah dasar dapat memanfaatkan gadget sebagai sumber belajar online melalui pengawasan orang tua dan guru. Karena dampak pemanfaatkan gadget sehari-hari dalam proses pembelajaran online siswa sekolah dasar biasanya hanya untuk bermain game, menonton film animasi, dan lain-lain. Studi literatur ini mendeskripsikan perlunya pengawasan dari orang tua untuk kegiatan belajar siswa SD dalam memanfaatkan gadget selama pembelajaran online.

 

Kata Kunci : Gadget, Sumber Belajar, Online


Keywords


Gadgets; Learning Resources; Online

Full Text:

PDF

References


Nurarif & Kusuma, 2016. 2013. “済無No Title No Title.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Abdul Latip. 2020. Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran.

Aisyah, Siti, Mukti Amini, Titi Chandrawati, and Dian Novita. 2014. “Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.” Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini 1–43.

Antoro, Billy. 2017. Gerakan Literasi Sekolah.

Cahyati, Nika, and Rita Kusumah. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Golden Age 4(1):152–59.

Chabibie, M. Hasan, Wildan Hakim, and Wildan Hakim. 2016. “Pengaruh Penerimaan Teknologi Dengan Kebergunaan Web : Studi Kasus Portal Rumah Belajar Kemendikbud.” Jurnal Ilmu Komunikasi 8(1):37–59.

Dasar, Kompetensi. n.d. “Periodisasi Perkembangan Peserta Didik Kompetensi Dasar Indikator Periodisasi Perkembangan ? Tahapan Atau Periode Tentang.” 1–19.

Dhita Fitriani, Nurwidodo, Elok Catur Wilujeng. 2019. “Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 3(1):208–13.

Firman, Firman, and Sari Rahayu. 2020. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES).

Firyal, Rifa Afiva. 2020. “Pembelajaran Daring Dan Kebijakan New Normal Pemerintah.” LawArXiv Papers.

Ibrahim, Nurdin. 2019. “ICT UNTUK PENDIDIKAN TERBUKA JARAK JAUH.” Jurnal Teknodik.

Irhandayaningsih, Ana. 2020. “Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Anuva.

Kementrian RISTEKDIKTI. 2019. “PJJ, E-Learning & Blended Learning.” E-Learning Indonesia 1–46.

Kuntarto, Eko. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi.” Journal Indonesian Language Education and Literature.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2014. Taksonomi Kognitif.

Lisnawati, Elis, Lulu Yuliana, and Fadil Muhammad Hasan. 2020. “Lingkungan Bagi Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi.” 1(September):9–14.

Luthfi, Eva, and Fakhru Ahsani. 2020. “Strategi Orang Tua Dalam Mengajar Dan Mendidik Anak Dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Al_Athfal 3(1):37–46.

Marini, Liza, and Elvi Andriani. 2005. “Perbedaan Asertivitas Remaja Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua.” Jurnal Psikologi Universitas Sumatera Utara I(2):46–53.

Mutia, Intan. 2013. “Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses.” Faktor Exacta 6(4):278–89.

Nisa, Hayatin, Disman, and Dadang Dahlan. 2018. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis the Effect of Implementation Collaborative Learning Model of Group Investigation Techniques on Analitical Thinking Skills of Students.” Manajerial 3(5):157–66.

Nurmiati, Siti. 2019. “E-Learning Mempermudah Pelaksanaan Proses Belajar Distance Learning.” Sainstech: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Sains Dan Teknologi.

Perkembangan, A. Definisi. 1991. “Proses Perkembangan Dan Hubungannya Dengan Proses Belajar.”

Picauly, Victry Erlitha. 2016. “Pandangan Jean Piaget Dan Jerome Bruner Tentang Pendidikan.” Jurnal Pendidikan “Jendela Pengetahuan.”

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Chi Hyun Choi, and Ratna Setyowati Putri. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling.

Rosiyanti, Hastri, and Rahmita Nurul Muthmainnah. 2018. “Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 4(1):25.

Rozalia, Maya Ferdiana. 2017. “Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 5(2):722.

Setiawati, Nindi Silvia Rahmadani dan 2Mia. 2019. “Aplikasi Pendidikan Online ‘Ruang Guru’ Sebagai Peningkatan Minat Belajar Generasi Milenial Dalam Menyikapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0.” Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3(2):241–46.

Siahaan, Matdio. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” Jurnal Kajian Ilmiah.

Sudatha, I. G. W., Desak Putu Parmiti, and Alexander Hamonangan Simamora. 2020. “Pengelolaan Sumber Belajar Digital Untuk Meningkatkan Pembelajaran Daring.” Proceeding Senadimas Undiksha 1585–89.

Sugiyarti, Lina, Alrahmat Arif, and Mursalin. 2018. “Pembelajaran Abad 21 Di SD.” Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.

Ubaidillah, Mujib. 2018. “Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Dan Mengakses Keterampilan Proses Sains.” Jurnal Pendidikan Sains (Jps) 6(1):93.

Voogt, J., P. Fisser, N. Pareja Roblin, J. Tondeur, and J. van Braak. 2013. “Technological Pedagogical Content Knowledge - A Review of the Literature.” Journal of Computer Assisted Learning.

Widiyono, Aan. 2020. “Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) Pada Mahasiswa PGSD Di Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan.

Widyantara, Vico. 2020. “Konsep, Penggunaan, Perbandingan, Kelebihan Dan Kekurangan Serta Implikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh.” Jakarta State University (May).

Windhiyana, Ericha. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia.” Perspektif Ilmu Pendidikan.

Yulia Indahri. 2020. “Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi.” Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR R.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i3.30725

Article Metrics

Abstract view : 503 times
PDF - 2349 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id