PENGARUH MODEL TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 16 INDRALAYA UTARA

Irza Al-Rifqi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 16 Indralaya Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design, sedangkan untuk subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 16 Indralaya Utara. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 dan kelas VB Sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, tes yang dimaksud adalah tes lisan (kemampuan berbicara) yaitu dengan cara menanyakan satu persatu materi pelajaran kepada seluruh siswa. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t (t-test sampel related).

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen adalah 78,18 dan untuk kelas kontrol adalah 60. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (5,469 > 2,024), dengan taraf signifikan 0,05 maka dapat dinyatakan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 16 Indralaya Utara.

 

Kata Kunci : Model pembelajaran time token, Keterampilan berbicara.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi metode bercerita dan harga diri dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404-415.

Fitriana, Mandela. 2018. Pengaruh Strategi Time Token Arends Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN 2 Tebanan Tahun Pembelajaran 2017/2018. PGSD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Hamzanwadi Selong.

Hakis, H. (2020). Adab Bicara Dalam Prespektif Komunikasi Islam. Jurnal Mercusuar, 1(1).

Haryati, Siti. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. PGSD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Metode, teknik, struktur, dan model penerapan. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Latifah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantu Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Gelombang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(1), 13-23.

Nofia. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Menjelaskan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Siswa Kelas IV SDN Bareng Tahun Ajaran 2016/2017. The Influence of to explain learning, 01(6), 5-6.

Sya’ban, Muh. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas X SMA Nasional Makassar. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.32076

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF - 290 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International