ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP ASPEK KEHIDUPAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SDN 07 KENDALDOYONG KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG

Nunik Istikomah

Abstract


Abstrak: Analisis Dampak Game Online Terhadap Aspek Kehidupan Sosial Pada  Siswa Kelas V SDN 07 Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran daring dengan menggunakan handphone sering dimanfaatkan siswa untuk bermain game online  yang dapat berpengaruh, baik dalam motivasi belajar siswa maupun dalam aspek kehidupan sosial anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif  yang difokuskan pada fenomena yang terjadi pada 10 siswa kelas V SDN 07 Kendaldoyong  yang bermain game online dan dampaknya terhadap aspek kehidupan sosial anak. Hasil analisis angket siswa menunjukkan bahwa game online sebagaian besar (70%) dimainkan oleh siswa laki-laki. Sementara jenis game online yang dimainkan siswa sebagian besar (70%) adalah game strategi utamanya Mobile Legend. Sedangkan lama waktu bermain game online rata-rata 1 jam, sehingga masih dianggap belum kecanduan. Berdasarkan hasil penelitian ini yang dapat disampaikan bagi sekolah adalah agar melarang siswa bermain game online pada saat pembelajaran. Sedangkan saran untuk orang tua siswa adalah agar mereka dapat mengendalikan ataupun mengatur jadwal penggunaan handphone.

Kata Kunci : Game Online, Aspek Kehidupan Sosial

 

 


Keywords


Game Online, Aspek Kehidupan Sosial

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Achroni, Keen. 2012. Ternyata Selalu Mengalah itu Tidak Baik: 35 Masalah Perilaku Anak Paling Sering dihadapi & Penanganannya, Jogjakarta: Buku Kita.

Akbar, Khalilul Muhammad. 2012. “Gambaran Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Prestasi Akademik Siswa Dan Siswi” (SMA Negeri 3 Bandar Aceh).

Arikunto, suharsimi. 2006 dan 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta.

Azzet, A. Muhaimin. 2013. Buku Pintar Mengatasi Anak Nakal, Jogjakarta: Kata Hati.

Baharuddin, 2009. Pendidikan dan psikologi Perkembangan, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Bungin, Burhan. 2013. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana

Chatib, Munif. 2012. Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak, Bandung: Kaifa.

Feist, Jess & Gregory J. Feist. 2010. “ terj.” Theories of Personality: Teori Kepribadian, Jakarta: Salemba Humanika.

Freprinca, Dica, Hubungan Motivasi Bermain Online Pada Masa Dewasa Awal Terhadap Perilaku Kecanduan Game online defence of the ancients (dotA2), http://psikologi.ui.ac.id, diakses 14 Januari 2016, hlm. 8.

Gerungan, W.A. 2010. Psikologi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama.

Henry, Samuel. 2010. Cerdas dengan Game: Panduan Praktis bagi Orangtua dalam Mendampingi Anak Bermain Game, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Herdiansyah, Haris. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif (Untuk Ilmu- ilmu Sosial), Jakarta: Salemba Humanika.

Hilmuniati, Fina. 2011. “Dampak Bermain Game online dalam Pengalaman Shalat Pada Anak di Kelurahan Pisangan Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan”, Skripsi Jakarta: Program S1 UIN Syarif Hidayatullah.

Hurlock B., Elizabeth. 2010. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Iki, Imansa. 2012. “Macam-macam Jenis Game Online”, dalam http://imansaiki.blogspot.co.id macam-macam-jenisjenis-dalam-games.html, diakses 29 Oktober 2015.

Juwani, 2013. “Pengaruh Playstation Terhadap Perilaku Agresif Siswa di MI Tarbiyatussibyan Karangrayun Grobogan Tahun Ajaran 2013”, Skripsi Yogyakarta: Program S1 UIN Sunan Kalijaga.

Kurniawan, Heri, 2012. “Hubungan Antara Kecanduan Bermain Game Online Point Blank Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja”. Skripsi (tidak diterbitkan).

Meggitt, Carolyn. 2013 . “terj.”, Understand Child Development: Memahami Perkembangan Anak, London: Hodder Education.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mushoffa, Aziz. 2009. Aku Anak Hebat Bukan Anak Nakal!, Jogjakarta: Diva Press.

Nugroho, Antonius Tri Setio, Definisi Game, dalam http://chikhunguya.wordpress.com, diakses 5 Desember 2015.

Oetomo, Budi Sutedjo. 2007. ” e-Education Konsep, Teknologi, dan Aplikasi Internet Pendidikan), “ Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Prawiradilaga, Dewi Salma, dkk. 2013. Mozaik Teknologi Pendidikan ELearning, Jakarta: Kencana Prenadema Group.

Riduwan. 2012. Dasar-dasar Statistik. Bandung Alfabeta

Romlah, 2010. Psikologi Pendidikan, Malang: UMM Press.

Siregar, Nadia Itoni, “Pengaruh Video Game Berunsur Kekerasan Terhadap Perilaku Agresif Remaja (Kasus Remaja di SMK Wiyata Kharisma, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor)”, Bogor: IPB, 26 Juni 2014.

Sjarkawi, 2014. Pembentukan Kepribadian Anak (Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri), Jakarta: PT Bumi Asara.

Sokolova, Irina V., dkk. 2008. “terj.” Kepribadian Anak: Sehatkah Kepribadian Anak Anda?, Jogjakarta: Kata Hati.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Sukmadinata, N, S. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sunarto, dan B. Agung Hartono. 2013. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta. Supeno, Hadi. 2010. Kriminalisasi Anak: Tawaran Ggagasan Radikal Peradilan Anak Tanpa Pemidanaan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Susi, Ramdhani. 2010. “Jenis-jenis Sosialisasi di Indonesia”, dalam http://jenissosialisasi.blogspot.com kepribadiansosial.html, diakses 07 September 2015.

Swastika, Vanessa Mayrahma, Perkembangan Teknologi di Indonesia,dalam http://perkembanganteknologidiindonesia.kompasiana.com.html , diakses 27 November 2015.

Yanto, Riki. 2011. “Pengaruh Game Terhadap Perilaku Remaja (Studi Kasus 5 Orang Remaja Pelaku Game di Kelurahan Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang)”, Skripsi Padang: Program S1 Universitas Andalas.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.32977

Article Metrics

Abstract view : 918 times
PDF - 1347 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International