PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS V SD NEGERI 104188 SEI MENCIRIM

Epi Supriyani Siregar, Dicky Edwar Daulay, Joko Priono, Joko Priono

Abstract


Abstract: The Influence Of Cooperative Learning Models On Student's Beginning Ability In Subjects Head Of Class V Sd State 104188 Sei Sends. The results showed that there was an increase in PJOK learning outcomes for fifth-grade students at SD Negeri 104188 Sei Mencirim after using the cooperative learning model for physical fitness training materials. Based on the test results in the implementation of learning with cooperative learning models, students who achieved a score of 64 by 45.45% in physical fitness exercise I increased by 31.82% to reach 77.27% in physical fitness exercise II. The increase in learning outcomes occurred after the improvement of actions in physical fitness training II, namely the teacher asked questions and gave rewards to students who could answer questions and get high scores. The action was dismissed in physical fitness II because it had reached the success criteria. The conclusion of this research is the application of the cooperative learning learning model can improve learning outcomes of fifth-grade PJOK students at SD Negeri 104188 Sei Mencirim.

 

Keywords: Cooperative Learning, Physical Fitness Exercises, Student Values

 

 

Abstrak

Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Terhadap Kemampuan Awal Siswa Pada Mata Pelajaran  Pjok Kelas V Sd Negeri 104188 Sei Mencirim. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PJOK siswa kelas V SD Negeri 104188 Sei Mencirim setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif learning pada materi latihan kebugaran jasmani. Berdasarkan hasil tes dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model kooperatif learning, siswa yang mencapai nilai ≥ 64 sebesar 45,45% pada latihan kebugaran jasmani I meningkat sebesar 31,82% mencapai 77,27% pada latihan kebugaran jasmani II. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada latihan kebugaran jasmani II yaitu guru melakukan tanya jawab dan pemberian reward kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dan mendapat nilai tinggi. Tindakan diberhentikan pada latihan kebugaran jasmani II karena telah mencapai kriteria keberhasilan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar PJOK siswa kelas V SD Negeri 104188 Sei Mencirim.

 

Keyword: Kooperatif Learning, Latihan Kebugaran Jasmani, Nilai Siswa.


Full Text:

PDF

References


Mauluddina, Luluk. 2019. Skripsi ”Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Mastch Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS SD Negeri 2 Kalibening”. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metero. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Metero.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi cet. IX. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ihsan, El, Khuluqo. 2017. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Metode Dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kokom Komalasari. 2011. Pembelajaran Kontektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Miftahul, Huda. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar: Yogykarta.

Muhammad, Thobroni & Arif Mustofa. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sapriya. 2014. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Siti Syamsiyah, Sri Utami R, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 5 Untuk Sd/Mi Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. (Jakarta: Kencana, 2009. Tusriyanto. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Zuhairi. 2016. SKRIPSI. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah STAIN Jurai Siwo Metro. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.33015

Article Metrics

Abstract view : 377 times
PDF - 454 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International