GADGET PADA GENERASI Z: MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID

Umi Kulsum

Abstract


Abstrak: Gadget Pada Generasi Z: Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid. Tujuan penelitian ini sebagai upaya memaksimalkan gadget pada generasi Z di masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan studi literatur atau studi kepustakaan, yaitu dengan menelaah secara tekun akan kepustakaan yang diperlukan dalam penulisan. Hasil dari penulisan ini: (1) Pengalaman pandemi global akan menciptakan kesadaran akan pentingnya memanfaatkan penggunaan gadget. Kehadiran gadget telah banyak memberikan kontribusi dalam kehidupan,salah satunya dalam pembelajaran daring (online); (2). Generasi Z disematkan kepada para siswa yang saat ini duduk di bangku sekolah kalas X dan XI SMA atau SMK berumur 15-16 tahun. Generasi Z disebut generasi digital yang tumbuh dan berkembang dengan sebuah ketergantungan yang besar pada teknologi digital, serta mampu memanfaatkan perubahan teknologi dalam berbagai sendi kehidupan mereka. Kesimpulan dari penulisan ini adalah penggunaan gadget pada generasi Z sangat identik dengan pelaksanaan pembelajaran siswa saai ini. Berinovasi dengan teknologi dengan memaksimalkan gadget sebagai media pembelajaran sangat mendukung terwujudnya sebuah pembelajaran di masa pandemi COVID-19.


Keywords


gadget, generasi Z, pandemi COVID-19

Full Text:

PDF

References


Buana, D.R. (2020). Analisis Perilaku

Masyarakat Indonesia dalam

Menghadapi Pandemi Virus

Corona (Covid-19) dan Kiat

Menjaga Kesehatan Jiwa

Salam: Jurnal Sosial dan Budaya

Syar-I, 7(3), 217-226

Bungin,B.(2017)Metodologi Penelitian

Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Chou, Hellen P. (2012). Cyber Smart

Parenting. Jakarta: PT Visi

Anugerah Indonesia

Dokumen Surat Edaran Nomor 4

Tahun 2020 tentang Pelaksanaan

Kebijakan Pendidikan Dalam

Masa Darurat Penyebaran

Coronavirus Disease (Covid-19)

ditandatangani Menteri

Pendidikan Pendidikan dan

Kebudayaan Nadiem Makarim

pada tanggal 24 Maret 2020

Horovitz, B. (2012). After Gen X,

Millennials, what should next

generation be?, USA Today,

Available: http://usatoday30.

usatoday.com/money/advertising

/story/2012-05-03/naming-the-

next-generation/54737518/1.

diakses tanggal 5 -12- 2021

Katz, R.,Ogilvia, S., Shaw, J.,

Woodhead, L. (2021). Gen Z,

Explained, The Art of Living in a

Digital Age. Chicago Press.

doi: 10.7208/Chicago/97802268

001.0001

Kogoya, D. (2015). Dampak

Penggunaan Handphone Pada

Masyarakat (Studi Pada

Masyarakat Desa Piungan

Kecamatan Gamelia Kabupaten

Lanny Jaya Papua).

Jurnal Acta Diurna, 4(4)

Mahat, D. (2021). Students’ Perception

towards Online-Class during

COVID-19 Pandemic.

International Research Journal

of MMC (IRJMMC), 2(1)

Marpaung, J.(2018).The Effect of Use

of Gadget in Life.

Jurnal KOPASTA, 5(2), 55-64

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian,

Jakarta: Ghalia Indonesia

Rachmawati, D. (2019). Welcoming

Gen Z in Job World. Proceeding

Indonesia Career Center

Network Summit IV, 1(1)

Rahma, E. (2021). Mengintip Perilaku

Gen Z, Sang Synergi Zers di

Kawasan ASEAN.

Marketeers.

https://www.marketeers.com/

mengintip-perilaku-gen-z-sang-

synergizers-di-kawasan-asean/

diakses tgl. 5 Desember 2021

Rahmandani, F.,Tinus, A., Ibrahim,

M.M. (2018). Analisis Dampak

Penggunaan Gadget

(Smartphone) Terhadap

Kepribadian dan Karakter

(KEKAR) Peserta Didik di SMA

Negeri 9 Malang. Jurnal Civic

Hukum, 3(1)

doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726

Roslinda, Supyan, Hanafizah (2019). A

Conceptual Foundation for Smart

Education Driven by Gen Z.

International Journal of

Academic Research in Business

And Social Sciences

Rosiyanti, H. & Muthmainnah, R.N.

(2018). Penggunaan Gadget

Sebagai Sumber Belajar

Mempengaruhi Hasil Belajar

pada Mata Kuliah Matemaika

Dasar. FIBONACCI: Jurnal

Pendidikan Matematika, 4(1)

Rizyana, (2021) Peran Gen Z,si Jagoan

Bangsa Demi Masa Depan

Indonesia. Jurnal Nusantara

Santosa, E.T. (2015). Raising Children

in Digital Era.Jakarta: PT Elex

Media Komputindo

Simamora, A. (2016). Persepsi Orang

Tua Terhadap Dampak

Penggunaan Gadget Pada Anak

Usia Pendidikan Dasar di

Perumahan Bukit Kemiling

Permai Kecamatan Kemiling

Bandar Lampung. Skripsi.

tidak diterbitkan.

Stillman, D.& Stillman, J. (2019).

Generasi Z. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama cetakan keempat:

Sudrajat,A. (2012). Generasi Z dan

Implementasinya Terhadap

Pendidikan.

https://akhmadsudrajat.

wordpress.com/2021/10/05/

generasi-z-dan-implikasinya-

terhadap Pendidikan / diakses tgl

-12-2021

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan

Kombinasi (Mixed Methods.)

Bandung: Alfabeta

Sundus, M. (2018).The Impact of

Using Gadgets on Children.

Jurnal of Depression and

Anxiety 7: 296

doi:10.4172/2167-1044.1000296

Szymkowiak, A., Melovic, B.,Kundi,

G.S. (2021). Information

Technology and Gen Z:

The Role of Teacher,

The Internet, and Technology in

The Education of Young People.

Technology in Society Journal

Wijoyo, H. dkk. (2020). Generasi Z &

Revolusi Industri 4.0.

Jawa Tengah: CV Pena Persada

cetakan pertama: 2020




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.33438

Article Metrics

Abstract view : 697 times
PDF - 1189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International