PENGEMBANGAN KOMIK MITIGASI BENCANA ALAM DI PEKANBARU UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR SDN 21 PEKANBARU

Yulia Yunsi

Abstract


Abstrak: Media pembelajaran adalah benda yang ada dilingkungan sekitar yaitu yang dapat dilihat, didengar dan diraba oleh panca indera yang membantu dalam menyampaikan pesan dapat digunakan dalam suatu pembelajaran di luar dan dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan media komik mitigasi bencana alam untuk menunjang proses pembelajaran. Pada Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang  terdiri dari Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Namun dalam penelitian ini, peneliti hanya mengambil tahap pertama-tahap ketiga.. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket yang diberikan kepada validator materi, validator desain dan validator bahasa untuk menilai kemenarikan dan isi dari e-monopoli edukatif. Jenis data yang didapatkan yaitu data kualitatif berupa saran dan kritik dari 6 validator dan data kuantitatif berupa jumlah (angka) dari 6 validator. Penelitian ini menghasilkan media komik mitigasi bencana alam yang dapat dipakai untuk SD sebagai media yang sudah memenuhi krikteria sangat valid, skor rata-rata validasi 1: materi 86,46%, bahasa 75% dan desain 91,07%. skor rata-rata validasi 2: materi 92,71 %, bahasa 88,85% dan desain 94,65%. Validasi dilakukan 2 kali karena sudah mendapatkan nilai yang sangat valid dengan persentase kelayakan 91,97% setelah dilakukannya validasi kedua. Media mitigasi bencana alam sudah layak digunakan untuk proses pembelajaran.

Kata kunci :  Media, Mitigasi, Bencana alam


Full Text:

PDF

References


Adam, Steffi & Muhammad Taufik Syastra. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2).

Agustania, Anindita. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis Di SMK Negeri 1 Pengasih. Skripsi. Teknik Pendidikan Teknik Busana. Universitas Negeri Yogyakarta:Yogyakarta.

Aldoobie, N (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research. Vol. 5 No. 6. December 2015

Ambaryani, A., & Airlanda, G. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi. Vol 3 No 1

Ananda, Rusydi & Muhammad Fadhli. 2018. Statistik Pendidikan Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan. CV. Widya Puspita. Sempali Medan.

Angko, Nancy dan Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Addie Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sds Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan, 1(1).

Arif S Sadiman. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatnya. Rajawali Press. Jakarta.

Dwi, Saputro Anip. 2015. Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Muaddib, 5(1).

Fahyuni, Eni Fariyatul & Fauji, Imam. (2017). Pengembangan Komik Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Halaqa: Islamic Education Journal. Vol 1 No (1), Juni

Febrianawati, Yusup. 2018. Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Gunawan, Imam. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan Pengembangan. Jurnal Kajian Keislaman (Volume 4 No 2,Juli - November 2017)

Handayani, Sri. (2010). Perbandingan Efektifitas Pemberian Informasi Melalui Media Cerita Bergambar (Komik) Versi BKKBN dengan Media Leaflet. Gaster, 7(1).

Harahap, Nurmalan. 2020. Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dalam Penanggulangan Bencana Banjir Di Kota Pekanbaru. Skripsi Universitas Islam Riau.

Indaryati & Jailani. (2015). Pengembangan media komik pembelajaran matematika meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1).

Irwandani & Siti Juariah. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa komik fisika berbantuan sosial media instagram sebagai alternatif pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 05(1).

Laksana, S.D. 2015. Komik pendidikan sebagai media inofatif SD/MI. Ta’allum, 03(02).

Marhamah. Ramadan, Zaka Hadikusuma. Putra, Elpri Darta. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Nilai-Nilai Budaya Melayu di Sekolah Dasar. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 2(3).

Masdiono, Toni. (2014). Jurus membuat komik ver.02. Creative Media. Jakarta.

Miftah. M. 2013. Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(2).

Muhson, Ali. 2010. Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Nafsiah, Iqra Natun. Rizal, Fahmi. Giataman. (2019). Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Manajemen Proyek di Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil (Volume 5 No 1, Juni 2019)

Noveri & Ety Hayati. 2020. Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan Teknologi Informasi. Unpam Press. Tanggerang Selatan.

Nuning Budiarti, W & Haryanto. Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2).

Nugraheni, Nursiwi. 2017. Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2).

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1).

Pandanwangi, Nadia Astri. Kristin, Firosalia & Anugraheni, Indri. (2019). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Pada Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Cakrawala Pendas. Volume 5 Nomor 2.

Qondias, dimas. Erna, Laurensia & Irama, Niftalia (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Mapping SD Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia (Volume 5 Nomor 2, Oktober 2016)

Rahmah. (2013). Mata kuliah perkembangan peserta didik. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Riau.

Rijal, Akmal & Yurmianti. (2021). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 4 No 2, Juli

Rohati. Winarni, Sri & Hidayat, Rafi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. Edumatica. Volume 08 Nomor 02 Oktober 2018

Sepdyana, Ketut Kartini dan Tri, Nyoman Anindya Putra. 2020. Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1).

Septiani, Nevi & Rara, Afiani. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di Sdn Cikokol 2. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2, Nomor 1.

Sohibun, Sohibun & Ade, Filza Yulina. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah (Volume 2 No 2, 2017)

Subekti, Dian. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Bergambar Berbasis Multikulturalisme Tentang Batik Di Jawa Tengah Untuk Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. PGSD FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Research and development/R&D). Bandung. Alfabeta.

Suwarti. Laila, Alfi & Permana, Erwin Putera. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal untuk Menentukan Pesan dalam Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar. Vol. 7 No. 2.

Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Triani, Dessy & Wahyu Oktri Widyarto. 2013. Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi Di Provinsi Banten. JURNAL FONDASI , 1(1).

Umar. 2014. Media Pendidikan Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1).

Wardana, Andi. (2018). Pengembangan komik sebagai media pembelajaran untuk mengapresiasi cerita anak pada peserta didik kelas III SD/MI. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Negeri Islam Raden Intan. Lampung.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.33444

Article Metrics

Abstract view : 238 times
PDF - 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International