PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELAYU RIAU PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI 193 PEKANBARU

Annisa Nisa

Abstract


Abstrak:      Media pembelajaran adalah peralatan yang digunakan oleh pendidik untuk memancing pikiran, perasaan, minat, keinginan dan pengantar pesan kepada peserta didik saat terjadinya proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan media komik edukasi materi pecahan pada siswa kelas IV sekolah dasar agar menunjang proses pembelajaran. Pada Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D yang  terdiri dari define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dessimination (penyebaran). Namun dalam penelitian ini, peneliti hanya mengambil tiga tahap saja. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar wawancara dan lembar validasi. Untuk lembar validasi akan diberikan kepada validator materi, validator desain dan validator bahasa untuk menilai kemenarikan dan isi dari komik edukasi. Jenis data yang didapatkan yaitu data kualitatif  berupa saran dan kritik dari 6 validator dan data kuantitatif berupa jumlah (angka) dari 6 validator. Penelitian ini menghasilkan media komik edukasi yang dapat dipakai untuk SD sebagai media yang sudah memenuhi krikteria sangat valid, skor rata-rata validasi 1: materi 79%, bahasa 73% dan desain 85%. Skor rata-rata validasi 2: materi 90 %, bahasa 95% dan desain 98%. Validasi dilakukan 2 kali karena sudah mendapatkan nilai yang sangat valid dengan persentase kelayakan 94% setelah dilakukannya validasi kedua sehingga  komik edukasi sudah layak digunakan untuk proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.

Agung, Dewa Agung Gede. (2014). Seminar Nasional Pembelajaran Sejarah di Tengah Perubahan. Semarang. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

Agustania, Anindita. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis Di SMK Negeri 1 Pengasih. Skripsi. Teknik Pendidikan Teknik Busana. Universitas Negeri Yogyakarta:Yogyakarta.

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Bakhtiar, Dian. (2016). Bahan Ajarberbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Stm (Sains, Teknologi, Dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fisika.Seminar Nasional Pendidikan, (1).

Daryanto, D. (2013). Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Media.

Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130.

Indriyastuti. (2020). Dunia Matematika untuk Kelas IV SD/MI. Solo: PT Serangkai Pustaka Mandiri

Khaulani, F., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Dasar terkait Standar Isi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 121-127.

Lelyani, A. A., & Erman, E. (2021). Kajian Unsur–Unsur Komik Dan Sains Dalam Buku Komik Edukasi Di Indonesia Sebagai Alternatif Bahan Ajar. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 139-146.

Lestari, dkk. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Perangkat Keras Prodi Ptik Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Media Elektrik, 17(3).

Lubis, M. A. (2019). Penguatan literasi berbasis komik di sekolah dasar: preprint.

Marhamah, M., Putra, E. D., & Ramadan, Z. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Nilai-Nilai Budaya Melayu Di Sekolah Dasar. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 2(3), 101-105.

Nafsiah,dkk. (2019). Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Manajemen Proyek di Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 5(1).

Nugraheni, Nursiwi. 2017. ”penerapan media komik pada pembelajaran matematika di sekolah dasar”. Jurnal refleksi edukatika, 7 (2)

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., ... & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Prihanto, D. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Komik Matematikapada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).

Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Puspitarini, E. W. (2016). Game Edukasi berbasis android seba

gai media pembelajaran untuk anak usia dini. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1).

Ramadan, Zaka Hadikusuma. (2017). Pemahaman Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Sebagai Suatu Cara Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pigur, 1(1).

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran: IAIN Antasari Press.

Saidah, K., & Damariswara, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas 3 Sd. Premiere Educandum, 9(1), 73-81.

Saparudin, Andi dan Abdul Rahman. 2013. Pemecahan Masalah Matematika Sebagai Sarana Mengembangkan Penalaran Formal Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sainsmat. 2 (1): 84-92

Sari, R. M. (2018). Pengembangan Media Komik Matematika Materi Debit pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Sepdyana, Ketut Kartini dan Tri, Nyoman Anindya Putra. 2020. Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1).

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).

Subekti, Dian. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Bergambar Berbasis Multikulturalisme Tentang Batik Di Jawa Tengah Untuk Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. PGSD FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sugiyono.(2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Triana, Dessy & Widyarto, Wahyu Oktri. (2013). Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi di Provinsi Banten. Jurnal Fondasi (Volume 1 nomor 1).

Utari, Nyoman, dan Sa’dun. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea).Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran, 1(1).

Vanderhaegen, F. (2013). Toward a reverse comic strip based approach to analyse human knowledge. IFAC Proceedings Volumes, 46(15), 304-309.

Wardana, Andi. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengapresiasi Cerita Anak Pada Peserta Didik Kelas III SD/MI. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Wardana, Andi. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengapresiasi Cerita Anak Pada Peserta Didik Kelas III SD/MI. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Yusup, Pebrianawati. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 7 No. 1. Januari – Juni 2018 (17-23).




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.33446

Article Metrics

Abstract view : 286 times
PDF - 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International