KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD TERPADU MUHAMMADIYAH 36 MEDAN

Sarah Lailatil Fadla, Sania Nurhasanah, Khoirun Isnawan, Muhammad Gembira, Heni Sovia Br Situmorang

Abstract


Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik apa yang digunakan oleh kepala sekolah dalam melakukan supervisi pendidikan di sekolah, bagaimana upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan melihat bagaimana kompetensi pedagogik guru setelah dilakukan supervisi pendidikan di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu meneliti peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Prosedur dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan alat pengumpulan data seperti alat perekam dan pedoman wawancara. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa: teknik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam melakukan supervisi pendidikan yaitu teknik yang bersifat kelompok dan individual. Kemudian upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah dengan melakukan pelatihan-pelatihan pada guru agar memiliki mutu kerja yang baik di sekolah. Dari beberapa upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut, kompetensi pedagogik guru mengalami peningkatan, sehingga hasil belajar siswapun mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Keywords


Kepala Sekolah Sebagai Supervisor, Kompetensi Pedagogik Guru

Full Text:

PDF

References


Abbas. 2018. Implementasi Teknik Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Vol. 12 (1). 2018.

Aswaruddin, Maulidayani, dan Novita Sari. 2021. Manajemen Pendidikan (Konsep dan Teori). Medan: Undhar Press.

Budio, Sesra dan M. Aulia Abdurrahim. 2020. Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah. Jurnal Menata, Vol. 3 (2). 2020.

Halimmah Tusadiyah dan Muhammad Sabli. 2019. Dampak Pelaksanaan Supervisi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Padang Utara, Jurnal Nur El- Islam. Vol. 6 (2). 2019.

Hamzah dan Nina Lamatenggo. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Johansson, Stefan, Eva Myrberg, dan Monica Rosen. Formal Teacher Competence and its Effect on Pupil Reading Achievement, Scandinavian. 2015. Journal of Educational Research. Vol. 59 (5) 2015. doi:10.1080/00313831.2014.965787.

Mahlangu,Vimbi P., The Role of the Principal in Facilitating Professional Development of the Self and Teachers in Primary Schools in South Africa. 2015. International Journal of Educational Sciences, Vol. 9 (2). 2015. doi:10.1080/09751122.2015.11890313.

Marhawati, Besse. 2020. Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Vol. 4 (2). 2020.

Messi, Wiwin Anggita Sari, dan Murniati. 2018. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesional Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Vol. 3 (1). 2018.

Muwahid Shulhan. 2012. Supervisi Pendidikan. Surabaya: Acima Publishing.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan pada Pasal 28, ayat (3), butir a.

Q. S An-Nisa’ (4) : 59.

Rifa’i, Muhammad. 2019. Dasar-Dasar Manajemen. Medan: CV. Widya Puspita.

Siahaan, Amiruddin. 2018. Kepemimpinan Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Sohiron, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. 2015. Pekanbaru: Kereasi Edukasi.

Syafaruddin, dkk, 2016. Administrasi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1.

Undang-Undang Menteri Pendidikan Nasional No. 28 Tahun 2010 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah Pasal 1 ayat (1).

Undang-Undang Pemerintah No. 28 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Dasar Pasal 12 ayat (1).

Warman, Budi. 2016. The Effect of Teachers’ Professional Competence and Learning Motivation on Accounting Students’ Learning Outcomes at Vocational High School I Of Jambi, Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Vol. 1 (1). 2016.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.33809

Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International