ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (STUDI KASUS SDN 163085 KOTA TEBING TINGGI)

Elvi Mailani, Dian Armanto, Nanda Ayu Setiawati

Abstract


Abstrak: Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sdn 163085 Kota Tebing Tinggi). Keberhasilan pendidikan dipengaruhi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SDN 163085 Kota Tebing Tinggi. Kemampuan mengerahkan sumber daya yang ada di sekolah yang digunakan secara optimal untuk mencapai tujuan yang diharapkan merupakan kepemimpinan kepala sekolah. Pelaksanaan kepemimpinan ini dilihat untuk mengetahui proses pelaksanaan yang dilakukan kepala sekolah bagaimana gaya kepemimpian dalam mencapai peningkatan kinerja guru di SDN 163085 Kota Tebing Tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dapat mendekati kealamiahan sumber data yang bersifat menyeluruh yang berkaitan dengan kepala sekolah dan kinerja guru SDN 163085 Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan observasi dan melakukan wawancara dengan narasumber yang dilakukan peneliti berkaitan dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 163085 Kota Tebing Tinggi. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam meningkatkan kinerja guru dengan menggunakan gaya kepemimpian partisipatif yang dilakukan kepala sekolah di SDN 163085 Kota Tebing Tinggi. Kemudian, masih rendah kinerja yang ditunjukkan. Selanjutnya, untuk meningkatkan kinerja guru dapat menggunakan gaya kepemimpinan partisipasi yang dilakukan oleh kepala sekolah SDN 163085 Kota Tebing Tinggi serta adanya pengawasan yang dilakukan kepala sekolah pada kinerja guru. Penelitian ini menyarankan bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa di SDN 163085 Kota Tebing Tinggi perlu ditingkatkan gaya kepemimpinan kepala sekolah jika gaya yang digunakan kepala sekolah ingin ditingkatkan, maka kinerja guru juga akan meningkat sehingga kualitas pendidikan yang dihasilkan akan terpengaruh.

Abstract: Principal Leadership Style Analysis in Improving Teacher Performance (Case Study Sdn 163085 Kota Tebing Tinggi). The success of education is influenced by the principal's leadership style in improving teacher performance. This study aims to determine and analyze the principal's leadership style in improving teacher performance at SDN 163085 Tebing Tinggi City. The ability to mobilize existing resources in schools that are used optimally to achieve the expected goals is the leadership of the principal. The implementation of this leadership is seen to determine the implementation process carried out by the principal how the leadership style in achieving increased teacher performance at SDN 163085 Tebing Tinggi City. Therefore, this study uses a qualitative descriptive approach that can approach the nature of comprehensive data sources relating to principals and teacher performance at SDN 163085 Tebing Tinggi City. This research uses descriptive qualitative. The implementation of observations and interviews with resource persons conducted by researchers related to the leadership style of school principals in improving teacher performance at SDN 163085 Tebing Tinggi City. In this study it can be concluded that in improving teacher performance by using a participatory leadership style that is carried out by the principal at SDN 163085 Tebing Tinggi City. Then, still low performance shown. Furthermore, to improve teacher performance, the principal of SDN 163085 Kota Tebing Tinggi can use the leadership style of participation as well as the supervision carried out by the principal on teacher performance. This study suggests that in order to improve the quality of student education at SDN 163085 Tebing Tinggi City, it is necessary to improve the leadership style of the principal.

 

 


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Ikhsandi, M. R & Ramadan, Z. H. 2021. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), h. 1312-1320.

Ishaq, dkk. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh Dan SMA Negero 3 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), h. 32-45.

Kasidah,dkk. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 5(2), h. 127-133.

Suryani, E. 2021. Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Swasta Kota Batam. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), h. 239-249.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.35587

Article Metrics

Abstract view : 174 times
PDF - 431 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International