ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SUAK TAPEH

Indah Dewi Safitri

Abstract


 analisis keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri 01 Suak Tapeh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis keterampilan menulis deskripsi pada siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, Wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif yang disajikan dalam bentuk kata-kata dan nilai rata-rata persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri 01 Suak Tapeh masih rendah. Hal ini disebabkan oleh masih banyak siswa yang belum paham mengenai materi menulis deskripsi, selain itu masih terdapat siswa yang belum lancar membaca sehingga dalam menulis siswa belum dapat menulis dengan kreatif. Kesulitan lain yang dialami siswa yakni, siswa belum bisa membuat sebuah kalimat yang mudah dipahami dan menlis dengan menggunakan ejaan yang benar. Berdasarkan indikator penilaian keterampilan menulis deskripsi yang paling tinggi yakni, indikator tema dan dan yang paling rendah yakni, ketepatan susunan kalimat dan ketepatan penggunaan ejaan.


Keywords


Keterampilan Menulis, Deskripsi

Full Text:

PDF

References


Agustin, P. H & Indihadi D. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV.Jurnal ILMIAH PEDADIDAKTIKA, 7 (2), 83-92.

Dalman. (2020). Keterampilan menulis. Depok: Rajagrafindo Persada.

Fransiska, MA & Listyarini, I. (2017). Analisis Kemampuan Pengguanaan Ejaan Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 05 Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar , 13 (1), 68-75.

Inggriyani, F & Pebrianti, N A. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan

Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar.Jurnal Ilmiah PGSD, 07 (01), 1-22.

Jauhari, H. (2018). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.

Nastiti, R. A, dkk.(2021). Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas IV SDN Mentoro. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (02), 1858-1866.

Nurahmi, N & Indihadi D. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Melalui Tayangan Video. Jurnal Ilmiah PEDADIDAKTIKA, 7 (3), 117-123.

Rintuh, S. R, dkk. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Penyebab Pernikahan Dini Di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Pahandut Seberang Palangka Raya. Jurnal Dinamika Kesehatan, 2 (2),288-300.

Rulyansah, A.& Hasanah, U. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berdasarkan Brain Based Learning. Jurnal Tarbiyatun, 2 (1), 40-55.

Sandyagraha, I. D. N, dkk. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Narasi Berorientasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Siswa Kelas 4 SD di Gugus VI Kecamatan Bangli. Jurnal Elementary , 4 (1), 36-41.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: ALFABETA

Tantawi, I. (2020). Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tyaningrum M. A, dkk. (2019-2020). Analisis Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas Vi Sdn Worawiri Tahun Pelajaran 2019/2020.Jurnal Sekolah Dasar, 1 (01), 1-7.

Wibowo, I. S. (2017). Penilaian kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan, 2 (2), 314-315.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.35957

Article Metrics

Abstract view : 726 times
PDF - 421 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id