PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ALAT–ALAT OPTIK DI SMK NEGERI 1 GANDAPURA
Abstract
Abstract: Improving Student Achievement Through Problem-Based Learning Model on Optical Instrument Material at SMK Negeri 1 Gandapura. This study aims to improve the learning achievement of class X TKJ students through the application of a problem-based learning model on optical instruments material in the Even Semester of the 2021/2022 academic year at SMK Negeri 1 Gandapura. The research subjects were students of Class X TKJ SMK Negeri 1 Gandapura, totaling 21 students in the second semester of the 2021/2022 academic year. This study uses a qualitative approach with the type of classroom action research. The data collected in this study through pre-cycle tests, final tests of each cycle, observation, and interviews. The results of the final test obtained data from the first cycle, students who got a score of 70 only reached 66.66%, and students who scored <70 were 33.34%, and in terms of teacher and student activities carried out by observers it had not been going well, obtained the average percentage is 71.85%. While in the second cycle, 18 students who scored 70 were obtained, thus the percentage of students who scored 70 was 85.71%, and in terms of teacher and student activities carried out by observers the average percentage was 82, 68%. Thus the problem-based learning model has been able to improve student achievement on the subject of Optical Instruments in Class X TKJ SMK Negeri 1 Gandapura.
Keywords: Learning Achievement, Problem Based Learning, Optical Instruments
Abstrak: Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Alat–Alat Optik di SMK Negeri 1 Gandapura. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKJ melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi alat–alat optik semester Semester Genap tahun pelajaran 2021/2022 di SMK Negeri 1 Gandapura. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Gandapura yang berjumlah 21 siswa pada semester II tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui tes prasiklus, tes akhir tiap siklus, observasi, dan wawancara. Hasil tes akhir diperoleh data siklus I, siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 baru mencapai 66,66% dan siswa yang memperoleh nilai < 70 adalah 33,34%, dan ditinjau dari segi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan oleh pengamat belum berlangsung dengan baik, diperoleh persentase rata-rata adalah 71,85%. Sedangkan pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai ≥70 adalah sebanyak 18 orang, dengan demikian diperoleh persentase siswa yang memperoleh nilai ≥70 adalah 85,71%, dan ditinjau dari segi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan oleh pengamat persentase rata-rata adalah 82,68%. Dengan demikian model pembelajaran berbasis masalah telah mampu meningkatkan prestasi siswa pada materi Alat–Alat Optik di Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Gandapura.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Alat-alat Optik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, Richardl. (2001). Classroom Intructional Management.: The McGraw-Hill Company: New York
Asrori. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Wacana Prima: Bandung
Haryanto. (2007). Fisika Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga
Moleong. (2002). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung
Nasution, S. (1992). Kurikulum dan Pengajaran. Bina Aksara: Bandung
Roestiyah, N.K. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Bina Aksara:Jakarta
Sanyata, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media Group: Jakarta
Sudjana, Nana. (2003). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya: Bandung
Suparno, Paul. (1997). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Kanisius: Jakarta
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group: Jakarta
Wardani. (2008). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Universitas Terbuka: Jakarta
Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Gramedia: Bandung
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.36550
Article Metrics
Abstract view : 162 timesPDF - 98 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id