PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMPETENSI DASAR EKSPONEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X MIA-2 SMA NEGRI 2 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2021/2022

Jahinoma Gultom

Abstract


Abstract: Improving Exponential Basic Competence Skills Using Contextual Teaching Learning Methods in Mathematics Subjects in Class X Mia-2 Sma Negri 2 Lubuk Pakam Academic Year 2021/2022. The problem of this research is the low skill of students in mathematics in Class X MIA-2 SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. This study aims to improve students' skills by applying the Contextual Teaching Learning method. The hypothesis proposed in this study is “Using the Contextual Teaching Learning method can improve students' skills in the basic competencies of Exponents in class X MIA-2 SMA Negri 2 Lubuk Pakam. The research subjects were 36 students of class X MIA-2, while the object of the research was the Contextual Teaching Learning method and the tool used to collect data was a list of student scores. In carrying out this research, research tools and instruments have been developed. The tools that have been developed include: (1) learning implementation plans, (2) student activity sheets. The instruments developed were: (1) pre test, (2) post test, (3) teacher activity observation sheet, (4) student response questionnaire. 83.33%) students who get low learning outcomes (unfinished) because they have not reached KKM 75 and as many as 6 students (16.67%) who are included in the complete category reach KKM 75. The results of data analysis in cycle I show that: ( 1) the average test score is 68.06 or there are 15 people (41.67%) of the number of students who take the test which are included in the complete category and reach the KKM 75 and 21 students (58.33%) are included in the low category have not achieved KKM 75 . In the second cycle the average test was 80.83 there were 27 students (75.00%) including the complete category and reaching the KKM 75. A total of 9 students (25.00%) were included in the low category (not yet completed) and had not reached the KKM 75. Based on the results of the pre test, there was a significant increase in the post test in cycles I and II. Thus, it can be concluded that the application of Contextual Teaching Learning methods can improve students' skills in Exponent Basic Competence Mathematics at SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Klas X MIA-2 T.A 2021/2022 and student responses, the teacher's response during learning has met the set targets. This increase occurred with various revisions of actions based on the results of reflection on the learning process and results.

 

Keywords: Skill Improvement, CTL, Exponent

 

Abstrak: Peningkatan Keterampilan Kompetensi Dasar Eksponen Dengan Menggunakan Metode Contextual Teaching Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas X Mia-2 Sma Negri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2021/2022. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa pada pelajaran matematika di Kelas X MIA-2 SMA Negri 2 Lubuk Pakam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dengan penerapan  metode Contextual Teaching Learning Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah “Dengan menggunakan metode Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa pada kompetensi dasar Eksponen di kelas X MIA-2 SMA Negri 2 Lubuk Pakam. subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA-2 yang berjumlah 36 orang, sedangkan objek penelitian adalah metode Contextual Teaching Learning dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah daftar nilai siswa. Dalam pelaksanaan penelitian ini telah dikembangkan perangkat dan instrumen penelitian. Perangkat yang telah dikembangkan antara lain : (1) rencana pelaksanaan pembelajaran, (2)  lembar kegiatan siswa. Instrumen yang dikembangkan adalah : (1) tes pre test, (2) test pos test, (3) lembar observasi aktivitas guru, (4) angket respon siswa.Berdasarkan tes awal (pre test) yang dilakukan terhadap 36 orang siswa terdapat 30 (83,33%) siswa yang mendapatkan hasil belajar rendah (belum tuntas) karena belum mencapai KKM 75 dan sebanyak 6 orang siswa ( 16,67%) yang termasuk kategori tuntas  mencapai KKM 75. Hasil analisis data pada siklus I diperoleh gambaran bahwa : (1)  rata-rata nilai tes 68,06 atau terdapat  15 orang (41,67%)  dari jumlah siswa yang mengikuti test yang termasuk kategori tuntas dan mencapai KKM 75 dan 21 0rang siswa (58,33%) termasuk dalam kategori rendah belum  mencapai KKM 75 . Pada siklus II rata-rat tes 80,83 terdapat 27 orang siswa (75,00%) termasuk kategori tuntas dan mencapai KKM 75. Sebanyak 9 orang siswa (25,00%) termasuk dalam kategori rendah (belum tuntas) dan belum mencapai KKM 75. Berdasarkan hasil pre test , pos test pada siklus I dan II  terdapat peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran metode Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan ketrampilan siswa pada pelajaran Matematika Kompetensi Dasar Eksponen di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam  Klas X MIA-2 T.A 2021/2022 serta respon siswa, respon guru selama pembelajaran telah memenuhi target yang ditetapkan. Peningkatan tersebut terjadi dengan berbagai revisi-revisi tindakan berdasarkan hasil-hasil refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.

 

Kata Kunci : Peningkatan Keterampilan, CTL, Eksponen


Keywords


Peningkatan Keterampilan, CTL, Eksponen

Full Text:

PDF

References


Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Bumi Aksara.

Djamarah, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineke Cipta

Hamalik, 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik. O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Ratna Willis Dahar. (1988). Teori – Teori Belajar. Jakarta. Depdikbud - P2LPTK.

Sanjawa Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung : UPI

Sumarmo, U. (2002). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi , Makalah pada Pelatihan Guru MTs Bandung




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i2.36655

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International