BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN ACTION LEARNING DENGAN POKOK BAHASAN MAKNA BERIMAN KEPADA QADHA DAN QODHAR PADA SISWA KELAS XII MIPA SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAMTAHUN PELAJARAN 2019/2020

Latifah Hanum

Abstract


Abstract: Student Learning Using Action Learning Learning with the Subject of the Meaning of Faith in Qadha and Qodhar in Class Xii Mipa Students of Sma Negeri 2 Lubuk Pakam for the 2019/2020 Academic Year. To improve student learning achievement, learning action learning is one of the learning activities that can help students to more easily understand the material to be studied. In the learning process, the action learning model aims to make it easier for teachers in the process of delivering subject matter to be more effective and efficient. Besides being able to motivate students, the use of action learning learning models can also make it easier for students to understand and absorb the subject matter. The application of action learning learning is very suitable to be applied to Islamic religious education lessons this is because the form of creative learning learning places more emphasis on critical and innovative thinking processes.

 

Keywords: Action Learning, Qadha and Qodhar

 

Abstrak: Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Action Learning Dengan Pokok Bahasan Makna Beriman Kepada Qadha Dan Qodhar Pada Siswa Kelas Xii Mipa Sma Negeri 2 Lubuk Pakamtahun Pelajaran 2019/2020. Untuk meningkatkan Prestasi beljar siswa, pembelajaran action learning merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah dalam memahami materi yang akan dipelajari. Dalam proses pembelajaran model pembelajaran action learning bertujuan untuk mempermudah guru dalam proses penyampaian materi pelajaran agar lebih efektif dan efisien. Selain dapat memberikan motivasi kepada siswa, penggunaan model pembelajaran action learning dapat juga mempermudah siswa dalam memahami dan menyerap materi pelajaran. Penerapan pembelajaran action learning sangat sesuai diterapkan pada pelajaran pendidikan agam Islam hal ini disebabkan karena bentuk pembelajaran creative learning lebih menekankan pada proses berfikir kritis dan inovatif.

 

Kata kunci : Action Learning,  Qadha  dan Qodhar


Keywords


Action Learning, Qadha dan Qodhar

Full Text:

PDF

References


Abdulrahman. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Gravindo Persada.

Drajat, Zakiah, 1992. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara

Ghifari http://www.infoptk.com/sekolah-alam-pertama-dan-satu-satunya-di- blitar

Anitah. Sri 2008. Strategi Pembelajaran di SMA. Jakarta : Universitas Terbuka.

Haryanto, 2007. Sains jilid 5, Jakarta : Erlangga

Hasanna http://kaisan.tblog.com/post/1969985629

Nurkanca, Wayan. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya Nasional

Riyanto, Yatim. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Seputar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), IKAPI : Universiti Press.

Sabri, Ahmad. 2010. Stategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta : PT. Ciputat Perss.

Sadirman.Am 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers

Slameto . 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Silberman, Mel, 2009. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogjakarta : Pustaka Insan Madani

Shaleh, Abdul, Rahman, 2005. Pendidikan Agama dan Pembangunan Untuk Bangsa.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2009. Evaluasi Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rieneka Cipta

Tafsir, Ahmad, 2005. Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam, Bandung : PT.Remaja Rosdakarya

Uno, Hamza. 2010 Teori Motivasi dan Skala Pengukuran. Jakarta : Bumi Aksara.

Zuhaerini, 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya : Usaha Nasional.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i3.36661

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id