ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV di SD NEGERI 01 SUGIH WARAS

Nadila Sari

Abstract


Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri 01 Sugih Waras. Matematika adalah sarana untuk memecahkan suatu masalah yang ada di dalam kehidupan sehari-hari sehingga sangat perlu dikuasai dengan baik dan benar, namun sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, khususnya pada siswa kelas IV di SD Negeri 01 Sugih Waras. Persepsi ini diperkuat dengan hasil belajar siswa yang masih rendah. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini ialah, apa saja faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri 01 Sugih Waras. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Dengan subjek 6 (enam) siswa yang teridentifikasi mengalami kesulitan belajar matematika. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu kesulitan yang dialami oleh siswa yaitu kesulitan memahami konsep, kesulitan pada keterampilan berhitung, serta kesulitan pada keterampilan memecahkan masalah soal cerita. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah faktor internal yang meliputi sikap siswa dalam belajar, serta siswa yang tidak memiliki minat untuk belajar matematika, dan motivasi belajar siswa yang masih rendah. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan keluarga, masyarakat dan pendidik.


Keywords


Matematika, kesulitan belajar, faktor penyebab kesulitan belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Silvia, dkk (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar). 1(1), 25-37.

Azmi, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada siswa SD Negeri 11 Banda Sakti Lhokseumawe. Jurnal Pendidikan Matematika , 1(02), 81-88.

Dwi, D., & Audina, R. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Journal Educational Research and Social Studies. 2(3), 94-106.

Sadulloh, U., Muharram, A., & Robandi, B. (2018). PEDAGOGIK (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Marlina. (2018). Assesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenada media group.

Simbolon, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan , 2510-2515.

Waskitoningtyas, R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 5(1), 24-32.

Mulyaningtyas Ni’mah. (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.36794

Article Metrics

Abstract view : 432 times
PDF - 323 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id