PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 BANYUASIN I

Dwi Peronika, Hetilaniar Niar, Arief Kuswidyanarko

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas IV SD Negeri 6 Banyuasin I tahun ajaran 2021/2022. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 24 siswa. Dan penelitian ini dilatar belakangi bahwa nilai siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca puisi masih tergolong rendah belum.mencapai kriteria ketuntasan minimum yang sudah ditentukan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan metode penelitian Pre-Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada observasi, dokumentasi dan tes. Dan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Adapun dalam penelitian yang.diperoleh dari nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen 72 dan nilai rata-rata posttest 82,625. Dan uji hipotesis yaitu uji-t menggunakan uji Paired Sampel T-Test diperoleh  t_hitung > t_tabel (2,230>2,064). Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap kemampuan membaca puisi kelas IV SDN 6 Banyuasin I.

Keywords


demonstrasi, membaca, puisi

Full Text:

PDF

References


Aprinawati, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Sekolah Dasar Negeri 55 Pekanbaru. Jurnal Basicedu, 1, 34.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hetilaniar, & Auliya, D. (2019). Pengaruh strategi jumput terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Imu Kependidikan, 17, 159.

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: NoerFikri Offset.

Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2018). Pengantar Statistika Penelitian. Palembang: Kharisma Putra Utama Offset.

Kosasih, E. (2014). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung : Yrama Widya.

Maesaroh, S. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1, 155.

Masnati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1, 322.

Ramadani, R. C. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Metode Demonstrasi Kelas VIII di SMP Negeri Tapung Hilir. Jurnal Of Education and Teaching, 1, 65.

Sadulloh, U., Muharram, A., & Robandi, B. (2018). Pedagogik. Bandung: Alfabeta.

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Ap Itu Belajar. Jurnal Helper, 35, 33.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sutria, D. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Puisi Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV sd Negeri 47. Jurnal Pesona Dasar, 2, 14.

Wiranty, W. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatakan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Puisi. Jurnal Edukasi, 15, 287.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.36932

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International