MINAT BELAJAR SISWA DALAM KARYA MOZAIK PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI SD NEGERI 79 PALEMBANG

Khoirunnisa Khoirunnisa

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi minat belajar siswa pada pembelajaran seni budaya dan prakarya dalam karya mozaik. Jadi tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran mengenai minat belajar siswa pada pembelajaran seni budaya dan prakarya dalam membuat karya mozaik di SD Negeri 79 Palembang khususnya pada kelas II B.Metode penelitian yang digunakan peneliti di dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif merupakan metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti yaitu sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan (observasi, wawancara, dan dokumentasi), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.metode penelitian kualitatif karena melalui metode ini peneliti dapat melakukan pencarian terhadap suatu objek yang akan diteliti melalui pengumpulan data (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Dengan begitu metode peneliti kualitatif ini dapat membantu peneliti dalam mengolah data untuk mencari makna tertentu sehingga dapat menemukan hubungan yang jelas melalui data yang telah diperoleh dilapangan. Berdasarkan dilihat dari hasil minat belajar terhadap karya mozaik pembelajaran seni budaya dan prakarya cukup baik dapat dilihat dari indikator minat belajar peserta didik dalam keinginan, perasaan senang, perhatihan, perasaan tertarik, giat belajar, mengerjakan tugas, menaati peraturan dan dapat dilihat dari antusias peserta didik ketika mengikuti proses pembelajaran membuat karya mozaik ini, Untuk minat dalam karya mozaik ini anak-anak sangat senang dengan pembelajaran tersebut, karena anak-anak SD ini khususnya kelas rendah, kegiatan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam mengolah bahan dan alat-alat yang digunakan serta mewujudkan suatu keindahan dan keterampilan. karya mozaik teknik tempel ini dengan menggunakan kertas origami yang berwarna-warni dengan tujuan agar tidak menimbulkan rasa bosan dalam proses membuat karya mozaik.


Keywords


Minat Belajar,kualitatif,Karya Mozaik

Full Text:

PDF

References


Adelia, L. N., & Rakimahwati. (2020). Urgensi Mozaik terhadap Perkembangan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020.

Maulani, M. (2021). Hubungan Kreativitas Pendidikan dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik di SDN 1 Pasir Gintung Bandar Lampung. Skripsi.

Intan, N. W., & Iman , N. (2018). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 7, No. 2, Januari 2018.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan i Kota Tanggerang. Jurnal Pujangga, Volume 1, Nomor 2, Desember 2015.

Tri, Y., & Suprayitno. (2018). Pemanfaatan Bahan Alam Biji-Bijian Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Mozaik Dalam Tema Kegiatanku Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Volume 06 Nomor 02 Tahun 2018, 146-155.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan kombinasi (MIXED METHODS). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.36988

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International