ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV PADA MATERI OPERASI HITUNGAN CAMPURAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TULUNG SELAPAN

Viola Tantri

Abstract


Abstract: Analisis Hasil Belajar Matematika Kelas IV Pada Materi Operasi Hitungan Campuran di Sekolah Dasar Negeri 2 Tulung Selapan. Penelitian ini bertujuan untuk tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika kelas IV pada materi operasi hitungan campuran di Sekolah Dasar Negeri 2 Tulung Selapan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah 23 siswa di Sekolah Dasar 2 Tulung Selapan pada materi operasi hitungan campuran. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesakan operasi hitungan campuran, dimana siswa kebanyakan kesalahan pada proses mengkonversi bilangan yang akan dijumlahkan dan yang kedua cara menghitung hasil bilangan. Hasil ini didapat terdapat siswa yang tidak tuntas sebesar 56,5% dan yang tuntas sebesar 43,5%. 

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Danic dkk. 2019. Penguatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Open-Ended. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti p-ISSN 2355-5106 e-ISSN 2620-6641 Volume 6, Nomor 1 Tahun 2019.

Dussawal dkk. 2019. Desain Pembelajaran Matematika Berbasis PMRI Pada Materi Perkalian Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1, April 2019, Hal. 28-36.

Handayani. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Operasi Hitung Campuran, FPB, Dan KPK Melalui Penerapan Metode Penugasan. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan ISSN 2615-5443 Vol. 4 No. 2, Agustus 2021 Hal. 61-66.

Haslinda dkk. 2021. Hubungan Interaksi Guru dengan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matemtika Siswa SD Kelas V. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 1 Issue (2) 2021. Hl. 253-262.

Imaroh dan Pujiastuti. 2021. Analisis Kesulitan Siswa SD kelas IV

dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika vol. 7 no. 2, p-ISSN: 2460-8599 e-ISSN: 2581-2807. Hal. 87-96.

Jayanti. 2021. Improvement of Prospective Teacher Mathematics Reasoning Ability Using Numeration Assisted E-Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 10(1), 2021, 130-139.

Jayanti dan Marhamah. 2020. Learning Number Based Theory on Edmodo Using the Context PMRI of the Palembang PGRI Building and Apam Cake. 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020). Atlatis Press.

Jayanti dkk. 2021. The numeration with lesson study assisted by E-learning Merdeka campus of COVID-19 contexts at primary school teachers Universitas PGRI Palembang. Proceedings of the 6th Progressive and Fun Education International Conference. AIP Conf. Proc. 2438, 020004-1–020004-7

Khairani dkk. 2019. Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Biolokus Vol: 2 No. 1 Januari - Juli 2019.

Nengsi dan Pujiastuti. 2021. Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol.6, No.2 (2021) ISSN 2477-2682 (Electronic) ISSN 2477-2348 (Print).

Nurhasanah dan Hidayati. 2021. Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Smpn Kelas VIII Pada Materi Persegi Panjang. MAJU Volume 8 No. 1, Maret 2021 e-ISSN: 2579-4647, p-ISSN: 2355-3782. Hal. 91-100.

Nurintiyas. 2020. Analisis Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Demangan 2 Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro.

Oktari dkk. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Mi Hijriyah II Palembang. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah p-ISSN: 2088-9801 e-ISSN: 2597-937X Vol. 9, No. 1 (Juli 2019), Hal.41-50.

Otiliana. 2021. Meningkatan Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Menggunakan Permainan Puzzle Pada Siswa Kelas IV. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Volume 6 Nomor 2, September 2021. Hal. 31-37.

Paba dkk. 2020. Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMK Negeri 1 Maumere. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, Volume 6 Nomor 2 November 2020.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i1.37057

Article Metrics

Abstract view : 283 times
PDF - 222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id