PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Murni Murni, Sri Utaminingsih, Erik Aditia Ismaya

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)  berbasis Problem Basic Learning (PBL) pada kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV TEMA 4 Subtema 3 yang valid, praktis dan efektif digunakan. Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya sekolah yang masih menggunakan  Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) apa adanya dari penerbit Sering kita jumpai LKPD tersebut kurang tepat digunakan. Isi materi yang kurang sesuai dengan Kopetensi Dasar (KD), bahasa yang digunakan sulit dipahami siswa. Desain gambar yang digunakan kurang menarik minat peserta didik dalam  pembelajaran tematik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan dan Semmel (1974 : 5), desain penelitian pengembangan model 4D terdiri dari tahap pendefisian    (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). LKPD berbasis PBL yang telah dikembangkan divalidasi oleh  ahli. Uji coba LKPD dilakukan di SDN Batursari 7, SDN Batursari 2  kelas IV dengan jumlah siswa 35 dan 34 orang. Uji coba ini dilakukan untuk menguji keefektifan dengan memberikan angket respon siswa, mengamati aktivitas siswa dan menguji kemampuan berpikir kritis, kemudian menguji kepraktisan mengamati pelaksanaan LKPD, angket respon guru dan lembar observasi aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL yang dikembangkan telah tervalidasi yang dinyatakan sangat valid. LKPD berbasis PBL dikatakan praktis dan efektif, karena dalam uji kepraktisan terkait dengan: (1) pelaksanaan LKPD menunjukkan bahwa semua aspek pembelajaran berada pada kategori terlaksana sepenuhnya, (2) guru memberikan respon positif. terhadap LKPD yang digunakan, dan (3) kesesuaian aktivitas guru dengan model pembelajaran berbasis masalah berada pada batas interval toleransi. LKPD ini juga memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) Aktivitas siswa dalam batas interval toleransi; (2) Kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,824 yang termasuk dalam kategori tinggi, dan (3) Siswa memberikan respon positif terhadap LKPD berbasis PBL yang digunakan.


Keywords


Lembar Kegiatan Peserta Didik; Problem Based Learning (PBL); pembelajaran tematik.

Full Text:

PDF

References


Aledya, V. 2019. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May, 0–7.

Alfansyur, A., & Mariyani, M. 2019. Pemanfaatan Media Berbasis ICT ‘Kahoot’Dalam Pembelajaran PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bhineka Tunggal Ika, 6(2), 208-216.

Alyusfitri, R., Aziz, I., Amdia, D., Doktor, P., Pendidikan, I., Sarjana, P., Padang, U. N., Guru, P., Dasar, S., & Hatta, U. B. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Dengan Pedekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1281–1296.

Amirudin, A., & Widiati, U. 2017. Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Amri, S. 2013. Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2(1), 88-92.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.Arsyad, A. 2013. Media pembelajaran; Edisi revisi. 67-69.

Bahri, S., & Zain, A. 2006. Strategi belajar mengajar edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta), H, 120–121.

Bernard, L. M., Debbie, M. R., Mickle, J. P., Linda, J. S., Peter, D. R., Robin, L. G., Walter, E. D., & Ronald, G. Q. 1993. Intraventricular alpha interferon therapy for Rasmussen’s syndrome. Canadian Journal of Neurological Sciences, 20(4), 333–336.

Chaplin, J. P. 1972. Dictionary of Psychology. Fifth Printing. New York: Dell Publishing Co. Inc, 2(3), 88.

Clarke, D. E., Turban, E., & Wang, P. 1994. Integrating expert systems and multimedia for improved troubleshooting of the city of Los Angeles’s computer hardware. Expert Systems with Applications, 7(3), 441–449.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Daryanto, D. 2013. Media pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Media, 1(2), 74-81.

Dienes, Z. P. 1971. An example of the passage from the concrete to the manipulation of formal systems. In The Teaching of Geometry at the Pre-College Level (pp. 61–76). Springer.

Fathani, A. H. 2009. Matematika hakikat dan logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2(3), 82-85.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. 1996. Educational research: An introduction. Longman Publishing, 2(3). 189-195.

Hadi, S. 2017. Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

Harjanto, B. 2011. Agar anak anda tidak takut pada matematika. Yogyakarta: Manika Books, 1(2), 102.

Hofstetter, F. T., & Fox, P. (1995). Multimedia literacy. Irwin/McGraw-Hill, 2(1), 181-186.

Hudoyo, H. 1979. Pengembangan kurikulum matematika dan pelaksanaannya di depan kelas. Surabaya: Usaha Nasional, 3(1), 72.

Imron, A. 1996. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya, 5(1), 176-179.

Jamaluddin, J., Mustami, M. K., Ismail, M. I., & Mania, S. 2022. Pengaruh Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Tik dan Bahan Cetak Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Sinjai. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 621–640.

James, W., Bowers, F., & Skrupskelis, I. K. 1976. Essays in radical empiricism (Vol. 3). Harvard University Press, 3(1), 82-87.

Jihad, A. 2013. Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur, M. 2018. Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Teknologi Pembelajaran, 3(1), 84-88.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2017. Analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri transformasi berdasarkan latar belakang pendidikan menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 28–33.

Mahendra, M. R. 2021. Development of Macromedia Flash-Based Mathematics Learning for Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 120.

Mangoendihardjo, S., Wagiman, F. X., Sujono, M., & Budiman, A. 1988. Kelimpahan populasi musiman kutu loncat lamtoro di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokakarya Penelitian Dan Penanggulangan Kutu Loncat Lamtoro. Yogyakarta, 3(3), 91-97.

Mardhatillah, M., & Trisdania, E. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Kelas II Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). 66-71.

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. 2017. Pengembangan media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.

Mitsos, A., Chachuat, B., & Barton, P. I. 2009. McCormick-based relaxations of algorithms. SIAM Journal on Optimization, 20(2), 573–601.

Mustika, Z. 2015. Urgenitas media dalam mendukung proses pembelajaran yang kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).

Nana, S., & Ahmad, R. 1997. Media pengajaran penggunaan dan pembuatannya. Bandung: Sinar Baru, 3(2), 256.

Nurjannah, A., Yasbiati, Y., & Hamdu, G. 2015. Pengembangan Multimedia Berbasis Hyperteks Pada Pembelajaran Kontekstual Subtema Makananku Sehat Dan Bergizi Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 219-230.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Pujianto, A. A., Degeng, I. N. S., & Sugito, S. 2020. Pengaruh penggunaan aplikasi Plantnet dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.31365.

Putra, D. R., & Nugroho, M. A. 2016. Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). 14.

Rahayu, R. P., Minarni, A., & Amry, Z. 2019. Development of Mathematical Learning Devices Based on Model Problem Based Learning (PBL) to Improve Mathematical Communication Skills of School IT Jabal Noor Students Class VII, 1(3). 83.

Ramadhani, V. A. 2018. Pengaruh Persepsi, Motivasi Dan Gaya Hidup Konsumen Usia Muda Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Di Mcdonald’s Sudirman Pekanbaru (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Suska Riau Fakultas Sains dan Teknologi Jurusan Teknik Industri S1). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rawa, N. R., Sutawidjaja, A., & Sudirman, S. 2016. Pengembangan Perangkat pembelajaran berbasis model learning cycle-7e pada materi trigonometri untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1042–1055.

Reys, R. E. 1984. Mental computation and estimation: Past, present, and future. The Elementary School Journal, 84(5), 547–557.

Rosch, E. 1975. Cognitive representations of semantic categories. Journal of Experimental Psychology: General, 104(3), 192.

Rumhadi, T. 2017. Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33-41.

Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito., 2(1), 88-90.

Sadiman, A. S. 2007. dkk, Media Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 56.

Sidik, G. T., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Firdaus, A. R. 2020. The Effect of Macromedia Flash Based Learning Media To Improve the Ability To Calculate of Students in Elementary School. PrimaryEdu-Journal of Primary Education, 4(2), 241–248.

Sihaloho, M. S., Suwu, E. A. A., & Mumu, R. 2020. KAJIAN GAME ONLINE TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR DI KELURAHAN BAHU KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO (STUDI KASUS PADA ANAK DI BAWAH UMUR 12 TAHUN). HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Situmorang, R. P., & Andayani, E. P. 2019. Penggunaan Media Animasi Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 35–41.

Skinner, C. E. 1945. Educational psychology, Rev.9(1), 94-96.

Sugiyono, M. 2015. penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta, 1(2). 49-55.

Suherman, E., & Fitri, A. 2021. MANAGEMENT OF PUBLIC SERVICES AT AL-FURQON MOSQUE HAURGEULIS VILLAGE, KECAMATAN HAURGEULIS INDRAMAYU DISTRICT. Al-Hasanah: Islamic Religious Education Journal, 6(1), 125–132.

Sunaengsih, C. 2016. Pengaruh media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada sekolah dasar terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 183–190.

Syabrina, M., & Sulistyowati, S. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 25–36.

Syah, M. 2013. Psikologi belajar, 2(1), 25-29.

Syefrinando, B. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash professional 8. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 1(2), 102-106.

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. 2014. Pengembangan media pembelajaran ipa terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “konservasi” berpendekatan science-edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 122.

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793.

Wibowo, E. W., Abdillah, A., & Nugroho, W. 2020. Pengembangan Media Game Edukasi berbasis Macromedia flash Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Di Kelas IV SD NU Sleman. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(2), 105–118.

Widhiarso, W. 2009. Koefisien reliabilitas pada pengukuran kepribadian yang bersifat multidimensi. Psikobuana, 1(1), 39–48.

Zain, A. 2020. Strategi belajar mengajar, 2(1), 19-24.

Zulkifli, Z. 2017. Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 18-37.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i4.38736

Article Metrics

Abstract view : 593 times
PDF - 485 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International