IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM PADA SISWA KELAS I A SD KRISTEN EBEN HAEZAR 2 MANADO
Abstract
Abstrak
Dalam perkembangannya teknologi memiliki banyak kemajuan khususnya dibidang pendidikan. Salah satunya pembelajaran secara daring atau e-learning. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pembelajaran e-learning khususnya membahas bagaimana penerapan aplikasi google classroom dalam pembelajaran di SD Kristen Eben Haezar 2 Manado lebih khusus pada siswa kelas 1 A. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian fenomologis. Guru dan siswa menjadi subjek penelitian ini atau informan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa google classroom digunakan guru dalam mendistribusikan tugas, materi pembelajaran, membuat pengumuman dan berkomunikasi dengan siswa atau orang tua. Kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi dinilai cukup dan untuk lebih mengoptimalkan dibantu dengan operator sekolah. Adapun siswa menggunakan aplikasi ini untuk mengumpulkan tugas kepada guru, mempelajari kembali materi yang diberikan guru, menerima pengumuman dan berkomunikasi dengan guru namun selama proses pembelajaran menggunakan aplikasi ini harus didampingi orangtua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi google classroom membantu dalam proses pembelajaran di SD Kristen Eben Haezar 2 Manado khususnya siswa kelas 1A.
Kata Kunci: E-learning, Google Classroom, Siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile
computing devices in higher
education: Student perspectives on
learning with cellphones,
smartphones & social media. The
Internet and Higher Education, 19,
–26.
Hakim, A. B. (2016). Efektifitas
penggunaan e-learning moodle,
google classroom dan edmodo.
Jurnal I-Statement, 2(1), 1–6.
Hamid, F. (2015). Pendekatan
Fenomenologi. Al-Tadzkiyyah:
Jurnal Pendidika Islam,
(November), 17–33.
Japar, M., Fadhillah, D. N., & P, G. L.
H. (2019). MEDIA DAN
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PPKN. Jakad Media Publishing.
Diambil dari
https://books.google.co.id/books?i
d=vHzYDwAAQBAJ
Nur Wibowo, F. A. (2020). Media
Pembelajaran E-Learning saat
PJJ (Pendidikan Jarak Jauh).
Sugiyono. (2011). METODE
PENELITIAN PENDIDIKAN:
Pendekatan kuantitatif, kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfa Beta
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i1.39139
Article Metrics
Abstract view : 117 timesPDF - 76 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International