ANALISIS MINAT BACA SISWA KELAS III SDN 87 PALEMBANG DALAM PENGGUNAAN SUDUT BACA KELAS

Tia Anggara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu  untuk mengetahui tingkat literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut baca sebagai sarana alternatif menumbuhkan minat baca siswa kelas III SD Negeri 87 Palembang, minat siswa terhadap program seperti kegiatan membaca dengan memanfaatkan sudut baca kelas yang ada pada setiap kelas agar siswa terbiasa membaca, adapun jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat minat siswa dalam kegiatan literasi sekolah sudah sangat baik, namun ada 5 siswa yang tidak aktif dalam program literasi tersebut di peroleh dari 22 siswa yang menjawab angket dengan  baik, dan  yang menjawab tidak baik ada 5 siswa, dan adapun menurut wawancara kepala sekolah dan guru menunjukkan dukungan penuh terhadap siswa, di lihat dari adanya sudut baca yang ada di setiap kelas, dan siswa memanfaatakan sudut baca tersebut tanpa harus ke perpustakaan, adapun siswa yang meminam buku pada sudut baca untuk di bawa pulang dan di baca di rumah.


Keywords


Gerakan literasi, baca, minat baca siswa

Full Text:

PDF

References


Fransiska, F. D. (2020). pengelolaan sudut baca kelas di MI terpadu nurul islam ngaliyan. manajemen pendidikan islam , 8.

Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, s. (2018). Gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurna lpendidikan , 812.

isyawati, S. i. (2019). Program gerakan literasi sekolahdalam menumbuhkan minat baca peserta didik sdn kuripan lor 01 pekalongan. reading interest , 5.

Lestari, M. R., & Septianingrum, T. D. (2019). Program Geraka Literasi Sekolah Di SD Dharma Karya. Jurnal Ilmiah PGSD , 136.

Ramandanu, F., & Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhann Minat Baca Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu , 13.

Selegi, S. f. (2019). Analisis kemampuan berpikir kretif mahasiswa PGSD dalam mendesain soal tes bentuk uraian untuk meningkatkan soft skills mahasiswa. jurnal ilmiah ilmu kependidikan , 218.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta , 8.

sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif. bandung: alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.39300

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International