UPAYA STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Fajriyatur Robiah, Awalia Marwah Suhandi, Yona Wahyuningsih

Abstract


Negara Indonesia memiliki keindahan yang menjadi ciri khas tersendiri yaitu keberagamannya baik keberagaman budaya, ras, suku bangsa, kepercayaan, agama, dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa dalam mempelajari keberagaman budaya yang ada di Indonesia sebagai rasa syukur menjadi warga negara Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik kajian literatur. Penulis menggunakan metode ini untuk mendapatkan data secara mendalam dan menyeluruh dengan pertimbangan data secara khusus. Apabila data sudah terkumpul maka dilakukan analisis untuk mengungkap fakta-fakta kejadian dalam pernyataan yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini merupakan perubahan sistem atau proses pembelajaran menjadi lebih inovatif guna meningkatkan minat siswa dalam mempelajari materi keberagaman budaya sehingga menanamkan rasa syukur siswa atas keberagaman yang ada di Indonesia.


Keywords


Keberagaman budaya, minat belajar, teknologi digital

Full Text:

PDF

References


Alifia, H. N., Salma, D., Arifin, M. H., & ... (2021). Internalisasi Keberagaman Budaya dengan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala …, 6(2), 100–111. https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/15610

Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas Tinggi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90

Cholik, C. A. (2017). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKANPENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 1–14. https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/130/207

Edi, S., & Hariani, D. (2017). ANALISIS KINERJA BIDANG KEBUDAYAAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA SEMARANG (Penanganan Lunturnya Nilai-Nilai Budaya Masyarakat di Kota Semarang). Journal Of Public Policy And Management Review, 6(2), 1–18. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/15463/14955

Ghufron, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Budaya Yogyakarta Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.12449

Gunawan, I., Yusuf, A., Nik Din, N. M. M., Abd Wahid, N., Abd Rahman, N., Osman, K., Nik Din, N. M. M., Pendidikan, I., Koerniantono2, M. E. K., Jannah, F., Stmik, S., Tangerang, R., No, J. S., Handayani, T. W., Madyo, I., Karso, M., Ngarso, I., Tuladho, S., Pendidikan, T. P., … Supendi, P. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59–70. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/viewFile/1380/1342%0Ahttp://mpsi.umm.ac.id/files/file/55-58 Berliana Henu Cahyani.pdf

Halisa, H. N. (n.d.). Pentingnya Keberagaman Budaya Sebagai Modal Utama Untuk Memajukan Bangsa Indonesia. 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31237/osf.io/x83tu

Handoko, O. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 231–236. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15385

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/bukusaku.pdf

Khalimatu, M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Mengenai Keragaman Budaya Indonesia Di Sekolah Dasar. 5(1), 7704–7710. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2222/1943

Marliani, Siagian, M. (2017). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4685

Muhammad Feriady. (2012). Pengaruh Persepsi Siwa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Minat Belajar Ips Kelas Viii Smp N 3 Purbalingga. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 2–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/544/591

Nugraha, D., & Hasanah, A. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Di Sekolah. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 1. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.40803

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Putri, D. L., Safitri, A., Khairunnisa, D., & Simatupang, Z. (2014). EDUCATIVE GAMES BERBASIS ICT: “MYDAS : UNDERSEA ADVENTURE”SEBAGAI MEDIA UNTUK MENANAMKAN NILAI BUDAYA MARITIMMELALUI TEKNOLOGI PROJECT SAVINGSEA TURTLES (Chelonia mydas). Digital Repository, 460–470. http://digilib.unimed.ac.id/4817/1/Fulltext.pdf

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Research Gate, April(January), 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Eko-Risdianto/publication/332415017_ANALISIS_PENDIDIKAN_INDONESIA_DI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40/links/5cb4509b4585156cd7993519/ANALISIS-PENDIDIKAN-INDONESIA-DI-ERA-REVOLUSI-INDUSTRI-40.pdf

Rohmatilahi, L., Kholisah, N., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Urgensi Pembelajaran IPS dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Budaya Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4270–4276. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3528/3002

Sandy, D. P. A., Mustaji, & Yermiandhoko, Y. (2021). Pengembangan Video Animasi Jawadwipa Materi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar [Javadwipa Animation Video Development Materials and Learning Outcomes of Grade IV Elementary School Students]. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 110–118. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/21189/10872

Sari, D. A. P. P., & Kurnia, I. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keragaman Budaya Indonesia Melalui Tiktok pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8285–8295. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3686

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, B. H. (2020). Merdeka Belajar di Era Pendidikan 4.0. Merdeka Belajar: Kajian Literatur, 184–187. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33/33

Shiona, A. E. Y., Lintang, D. J., Hartono, F. M., Faris, I. S. I., Renaningtyas, L. R., Munikha, N., & Fibrianto, A. S. (2021). Pengaruh minuman keras terhadap nilai-nilai kebudayaan Jawa sebagai fenomena patologi sosial di Kota Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(6), 750–756. https://doi.org/10.17977/um063v1i6p750-756

Somantri, M. N. (2001). Mengagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD (I. Fahmi, K. P. Utama, & Rully (eds.); 1st ed.). Prenada Media Group. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=HBZNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA302&dq=Susanto,+A.+(2014).+Pengembangan+Pembelajaran+IPS.+Jakarta:+Kencana.&ots=qszfiYRcuI&sig=Py_yNbwZc7G9UYuEz30358iphrI&redir_esc=y#v=onepage&q=Susanto%2C A. (2014). Pengembangan Pe

Trisyanti, U., & Prasetyo, B. (2018). Revolusi Industri dan Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0,” 22–27. http://iptek.its.ac.id/index.php/jps/article/view/4417




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.39675

Article Metrics

Abstract view : 224 times
PDF - 277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International