PENGARUH PERMAINAN HARTA KARUN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SD

Siska Alifiyah, Afakhrul Masub Bakhtiar

Abstract


Abstrak : Pengaruh Permainan Harta Karun Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  seberapa besar permainan harta karun dapat mempengaruhi hasil belajar bagi peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas 1 SD Muhammadiyah 2 GKB. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode Quasi Eksperimen berpola Non-Equivalent Control Group. Peserta didik kelas 1A sebagai kelas kontrol dan kelas 1C sebagai kelas eksperimen dijadikan sebagai subjek penelitian. Teknik observasi, tes dan dokumentasi dengan instrumen lembar observasi dan soal pretest-posttest dilakukan untuk memperoleh data penelitian. Karena data hasil penelitian tidak didistribusikan secara normal maka dilakukan analisis non-parametrik uji Mann-Whitney. Penelitian ini memberikan hasil bahwa adanya pengaruh permainan harta karun yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Terbukti dari hasil uji Mann-Whitney atau uji U sebesar -2,389 < 0,05 maka H1 diterima, selain itu rerata hasil posttest kelas kontrol yang lebih rendah dari hasil posttest kelas eksperimen yakni 86,64 < 95,12. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan harta karun memiliki pengaruh yang signifikan pada hasil belajar peserta didik kelas I SD.


Keywords


Permainan Harta Karun, Hasil Belajar Peserta Didik, Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bela Apriliana Rahayu, Ela Suryani. (2022). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga untuk Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran IPA Kelas 4 SD Negeri Bakalrejo 01. Media Penelitian Pendidikan, 16-18.

Depdiknas. (2007). Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD. Jakarta: Depdiknas.

Hairanisa Al Amanah, Dewi Komalasari. (2015). Pengaruh Permainan Mencari Harta Karun Tehadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 1-6.

Kemendikbud. (2022). Diambil kembali dari Sekolah Kita: https://sekolah.data.kemendikbud.go.id/index.php/chome/profil/40ff327c-e9fe-e111-af4e-17840bd4800b

Kusiram, M. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: UIN Malang Pers.

Linda. (2018). Pengaruh Strategi Permainan Berburu Harta Karun Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MIN 4 Kota Bajarmasin. Banjarmasin: Institutional Digital Repasitory Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin.

Nurjanah, N. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Treasure Hunt dan Kreativitas Membuat Catatan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Tahun 3 No.1, 22-30.

Sayyidah Hanim Ahida Suci, Rusijono, M. Jacky. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Motivasi dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Tematik Univeersitas Negeri Medan, 54-61.

Sudjana, N. (2003). Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i1.40197

Article Metrics

Abstract view : 405 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International