MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA ABAD 21 MELALUI MEDIA POP UP BOOK
Abstract
MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA ABAD 21 MELALUI MEDIA POP UP BOOK. Penelitian ini bertujuan untuk melatih kreativitas siswa dalam pembelajaran abad 21 menggunakan media pembelajaran pop up book. subjek peneltian ini yakni semua siswa kelas V yang berjumlah 22 orang terdiri dari 6 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, dimana setiap pertemuan diawali dengan memberikan soal, menganalisis materi, dan evaluasi pembelajaran. hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa pada materi komponen ekosistem dengan metode discovery learning setelah menggunakan pemanfaatan media pembelajaran yang relevan.
Kata kunci: 21st Century Skills, Pop Up Book Media, Siswa SD
Full Text:
PDFReferences
Himmah, E. F., Handayanto, S. K., & Kusairi, S. (2021). Potensi Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 2019, 50–54.
Mar’atush Sholichah Muntaha Rahmi1*, M. Arif Budiman2, A. W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education., 3(2), 178–185.
Meilani, D., Aiman, U., Guru, P., Dasar, S., & Kupang, U. M. (2020). Indonesian Journal of Primary Education Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 19–24.
Rozi, F., & Hanum, C. B. (2019). PEMBELAJARAN IPA SD BERBASIS HOTS ( HIGHER ORDER THINKING SKILLS ) MENJAWAB TUNTUTAN PEMBELAJARAN DI ABAD 21.
Rusman, Y. A. dan. (2019). Century learning in curriculum 2013. JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 12(1), 14–23.
Sarah Azhari Pohan, F. D. (2021). Jurnal basicedu. JURNAL BASICEDU, 5(3), 1191–1197.
Yosiani, N. (2019). Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar Di Sekolah Luar Biasa. E-Journal Graduate Unpar, 1(2), 111–123. http://journal.unpar.ac.id/index.php/unpargraduate/article/view/1207
Zubaidah, S., & Malang, U. N. (2019). MENGENAL 4C : LEARNING AND INNOVATION SKILLS UNTUK MENGHADAPI. October 2018, 0–18.
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i1.40422
Article Metrics
Abstract view : 186 timesPDF - 168 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id