STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA KATERING GABE DI KOTA MEDAN

Elizon Nainggolan, Heni Vricya Silalahi, Rosdiana Rosdiana

Abstract


Marketing Mix Strategy In Gabe Catering In Medan City. This study aims to determine the marketing mix strategy at the GABE Catering business in Medan City. How are the strategies implemented during the GABE catering business journey in the face of increasingly dynamic business competition, the problems of the covid-19 pandemic, and the corella virus disease in 2019 in Indonesia, especially North Sumatra. The type of research used is qualitative research with a descriptive approach. The number of subjects in this study 1 business owner and 2 customers as data validation. The analysis technique in this study uses observation, interviews, and documentation. The object of this research is the strategy of catering entrepreneurs in developing their business in the marketing mix of GABE Catering in Medan City. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. Based on the results of data analysis, it is found that there are several strategies that are carried out by GABE catering entrepreneurs in the city of Medan in developing their business, namely marketing mix strategies, strategies for building family relationships with employees, and strategies for building family relationships with customers.

Keywords


Business Strategy, Marketing Mix, Catering

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. (2007). Pengantar Bisnis: Pengelolaan Bisnis dalam Era Globalisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ansyah, A. Pengaruh Penerapan Employee Relationship Management Terhadap Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bantaeng.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Badan Pusat Statistik. (2020). Analisis Hasil Survei Dampak Covid 19 Terhadap Pelaku Usaha. Jakarta: BPS RI

Commisso, M., Bianconi, M., Di Carlo, F., Poletti, S., Bulgarini, A., Munari, F., ... & Guzzo, F. (2017). Multi-approach metabolomics analysis and artificial simplified phytocomplexes reveal cultivar- dependent synergy between polyphenols and ascorbic acid in fruits of the sweet cherry (Prunus perusahaan sehingga mengakibatkan usaha Katering GABE dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat dan dengan tiga strategi ini pula mampu membantu segala kekurangan yang masih di alami oleh Katering GABE dalam hal strategi bauran pemasaran seperti dalam hal promosi dan juga distribusi perusahaan.

Cara yang dilakukan oleh usaha Katering GABE dalam menghadapi persaingan dengan penyedia jasa katering lainnya masih dalam termasuk persaingan yang sehat karena bersaing dengan menampilkan keunggulan kualitas dan kuantitas produk yang ditawarkan dan daya kompetitif harga yang masih wajar serta tidak berusaha menjatuhkan usaha katering lainnya. Kepercayaan serta memberikan pelayanan yang terbaik menjadi kunci sukses Katering GABE dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

avium L.). PLoS One, 12(7), e0180889.

Harahap, D. A. (2015). Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Pajak USU (PAJUS)

Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 7(3), 227-242.

Juliansyah, E. (2017). Strategi Pengembangan Sumber Daya perusahaan dalam Meningkatkan kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi. Jurnal

Ekonomak, 3(2), 19-37.

Mulyadi, N. (2010). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil.

Bandung: Alfabeta

Nurhayani, S. E., Sunaryo, D., & S MB,

M. M. (2019). Strategi Pemasaran Kontemporer. CV. Penerbit Qiara Media

Pamudji, Doddy. (1994). Petunjuk Praktis Usaha Catering. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, F. (2013). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy, 2006. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis,Cetakan Kedua Belas, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rawis, J. E., Panelewen, V. V., & Mirah, A. D. (2016). Analisis keuntungan usaha kecil kuliner dalam upaya pengembangan UMKM di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2).

Rojali, A. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Kuliner Pedagang Kaki Lima Pada Pajak Inpres Pasar 3 Kecamatan Medan Denai (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen, Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategi. Jakarta. Gelora Aksara Pratama

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen, Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategi. Jakarta. Gelora Aksara Pratama

Siagian, Sondang P. 1995. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Swastha, I. (2006). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Liberty

Taufiqurokhman, T. (2016). Manajemen Strategik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Senayan–Jakarta.

Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran.

Malang: Penerbit Bayu Media Triton. (2007). Manajemen Strategis

Terapan Perusahaan dan Bisnis. Jakarta. Tugu Publisher




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i1.41234

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International