PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UPTD SDN 1 TEGALGIRANG

Sony Oktaviana, Wawan Setia Wardani, Khoimatun Khoimatun

Abstract


Abstrak : Penerapan Model Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SDN 1 Tegalgirang Kecamatan Bangodua Kabupaten Indramayu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 1 Tegalgirang Kecamatan Bangodua Kabupaten Indramayu dengan menggunakan model realistic mathematics education. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian siswa kelas IV UPTD SDN 1 Tegalgirang dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket motivasi belajar. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus meliputi empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I dan siklus II diketahui bahwa hasil belajar siswa pada siklus I siswa tuntas sebanyak 12 siswa dengan persentase 60% pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 17 siswa dengan persentase 85%. Observasi penerapan model realistic mathematics education pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,1 dengan persentase 77,5% dan siklus II meningkat menjadi 3,7 dengan persentase 92,5%. Hasil angket motivasi pada siklus I diperoleh nilai persentase 78% pada siklus II meningkat menjadi 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model realistic mathematics education dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.42188

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International