PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD

Ines Shintia, Eni Heldayani,, Marleni Marleni

Abstract



Abstrak: Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tidaknya pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu true eksperimen design dengan desain penelitian berupa randomized posttest only-control design. Peneliti menggunakan sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas yang meliputi kelas eksperimen yaitu kelas IVA dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas kontrol yaitu kelas IVB dengan jumlah siswa 25 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan peneliti dengan menggunakan uji t sampel dua sampel independen,NILAI 𝑡𝑐𝑜𝑢𝑛𝑡 Adalah Nilai 10.769 Dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑙𝑒 Adalah 0,2787, 𝛼 = 0,05 dan df = 48, Maka 𝑡𝑐𝑜𝑢𝑛𝑡> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑙𝑒 Jahitga ha Diterima Dan Ho Ditolak. Sehingga artinya bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 17.

Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS

 


Keywords


Contexctual Teaching And Learning, Critical Thinking, IPS Learning

Full Text:

PDF

References


Adim,Herawati,Nuraya. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Pendidikan Fisika Dan Sains, 6-12.

Ahmatika. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 394-403.

Asmawati, Witono, Dewi. (2021, Juni). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD N Cakranegara Tahun Ajaran 2019/2020. Ilmiah Pendidikan Indonesia, 3, 40-45.

Erni, Yunus, Nur. (2020, Desember). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. BJE, 1, 16-23.

Hamdani, D. M. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Helmawati, D. S. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khaatimah dan Wibawa. (2017, oktober). Efektivitas Model Pembelajaran Comperative Intergrated Reading and Compotion terhadap hasil belajar siswa. teknologi pendidikan, 2, 76-87.

Jannah, M. (2019, Agustus). Peran Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, 564-569.

Jhonson, E. B. (2014). CTL Contextual Teaching And Learning. Bandung: Kaifa.

Kadir, Asrohah. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali.

Kesumawati, Aridanu. (2018). Statistik Parameter Penelitian Pendidikan. Palembang: NoerFikri Ofset.

Kesumawati, Retta, Sari. (2018). Pengantar Statistik Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Lestari, Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Marsuni. (2016, Juli - Desember). Penerapan Model Kontekstual dalam pembelajaran. Fitra, 2(2442-725x), 99-105.

Mulyasa, E. M. (2017). Pengembangan dan Implikasi Kurikulum 2013.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyasa, P. D. (2018). Manajemen

Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Murfiah, U. H. (2017). Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktik Terbaik Di Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurjanah, Marlianingsih. (2015, maret). analisis butir soal pilihan ganda dari aspek kebahasan. faktor jurnal ilmu pendidikan, 2, 69-78.

Pane, Dasopang. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah, 333-352.

Prastowo, A. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Rohmah. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Cendikia, 193- 210.

Ruskandi, Ferdian. (2015). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran IPS Di SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Metodik Didaktik, 69-71.

Sadulloh, Muharram, Robandi. (2018). Pedagogik (Ilmu Pedagogik). Bandung: Alfabeta.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thingking Skills). Tanggerang: Tira Smart.

Saputra, Salim. (2020). Penerapan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan

Berpikir Kritis. Pedagogik, 07(2354-7960), 23-46.

Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhada, I. D. (2017). Konsep Dasar IPS.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Susanto. (2019). Teori Belajar &

Pembelajaran Di Sekolah Dasar.

Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.42244

Article Metrics

Abstract view : 130 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id