UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SD KALISALAM II

Azizah Tun Nafsiyah, Ani Anjarwati, Isma Aini Nafis, Adelia Meira Widirini Prayogi, Ilham Ibnu Firdaus

Abstract


Peneliti melakukan pembelajaran dan memilih untuk menerapkan metode PJBL, selain itu juga menggunakan metode ceramah, demostrasi, dan tanya jawab. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Dimana, metode penelitian yang banyak menggunakan angka dan lebih mengacu pada metodologi penelitian yang terutama menggunakan kerangka berpikir postpositivis dalam kemajuan ilmu pengetahuan. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan pengetahuan dan pengalaman peserta didik kelas IV di SD Kalisalam II pada materi IPA tentang proses perubahan wujud benda. Memberikan soal pre test sebelum memaparkan materi dan post test diakhir pembelajaran untuk membandingkan hasil belajar siswa. Melihat keberhasilan dari cara mengajar yang dilakukan oleh peneliti. Dan hasil dari observasi yang peneliti lakukan, dengan menerapkan PJBL memiliki peningkatan yang cukup  jauh. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengerjaan soal-soal yang kami berikan yaitu soal pre test dan post test. Hasil nilai pre test anak masih dibawa KKM  sebelum kami melakukan pemaparan materi dan menggunakan metode PJBL, dan hasil nilai post test mereka semuanya diatas KKM, hal tersebut membuktikan bahwa kami berhasil meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas IV di SD Kalisalam II.

 

Kata kunci: pre test, post test, PJBL, hasil belajar IPA.


Keywords


pre test, post test, PJBL, hasil belajar IPA.

Full Text:

PDF

References


(Neni Fajar Utami, Rosdiah Salam, 2021; Prabu, 2018; Pratiwi et al., 2018; Putri et al.,

; Sari & Angreni, 2018; Sd et al., 2021; Setiawan et al., 2022; Sitohang, 2017)

Agustina, M., & Juliar Apko, H. (2021). Kompetensi Guru: Metode Praktik dalam Pembelajaran IPA. At- Tarbawi, 8(1), 55–70. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v13i1.2741

Cahyo, A. N., Daulay, S., Sindi, N., & Simamora, Y. D. (2020). Kemampuan Mengerjakan Soal Berbasis HOTS Siswa Kelas X SMKN 1 Percut Sei Tuan. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 2018, 279–288. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41252

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6

Eterampilan, I. M. K., Ingkat, B. E. T., Ots, T. I. H., & Embelajaran, D. A. P. (2022). I MPLEMENTATION O F H IGH L EVEL T HINKING S KILLS I N L EARNING. 10(2), 49–54. https://doi.org/10.37304/balanga.v10i2.8090

Fabiana Meijon Fadul. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS II SDN 18 PAYAKUMBUH BERBASIS APLIKASI ANIMIZ ANIMATION MAKER.

Handayani, L. (2022). Peningkatan motivasi dan hasil belajar perubahan wujud benda melalui metode Cooperative Script siswa Kelas III semester I SDN 2 Pengkolrejo Tahun Pelajaran 2021/2022. Widyasari-Press.Com/, 129–140. https://widyasari-press.com/

Hariyatmi, H., Fildzah, A. T., & ... (2021). Kecenderungan Profil Soal Ulangan Harian Biologi SMA Semester Genap TA 2019/2020 Ditinjau dari Perspektif HOTS. … Pendidikan Biologi Dan …, 2016, 191–205. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/snpbs/article/view/33

Hasanah, U., Anekawati, A., & Fajarianingtyas, D. A. (2020). Penerapan Model PBL dengan Metode Course Review Horay Berbantuan Media Crossword untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kiprah, 8(2), 78–83. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2049

Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Karawang: Hidayatul.

Ita Chairun Nissa, & Kurniawan, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bermain Peran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Kiprah, 8(2), 66–77. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2079

Maya Nurjanah. (2021). Implementasi Lots Dan Hots Pada Soal Tema 3 Kelas 1 Mi/Sd. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3(2), 70–79. https://doi.org/10.52647/jep.v3i2.36

Muhajir, H. (2022). KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) SECARA DARING STUDENTS ’ CREATIVE THINKING SKILLS THROUGH ONLINE PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) MODEL. 6, 21–29.

Neni Fajar Utami, Rosdiah Salam, M. H. (2021). Global Science Education Journal. Global Science Education Journal, 3(1), 15–21.

Oktriyeni, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas V Sdn 011 Karimun. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(2), 72–83.

Prabu, G. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Putri, C. M., Audianti, E., Neli, & Noviyanti, S. (2022). Implementasi Model Project Based Learning Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar Di SD N 34/I Teratai. Al-Irsyad, 4(3), 290–297. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Sari, N. P., & suryanti. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Praktikum Sederhana Pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Sdn Sambikerep 2 Surabaya. Jpgsd., 10, 620–634.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Sd, K., Condongcatur, M., & Dahlan, U. A. (2021). Project Based Learning Pada Pembelajaran Ipa. 676–698.

Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161

Sitohang, J. (2017). Penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada siswa sekolah dasar. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 2–3.

Sulikah, W., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan, 551–556.

Widyastuti, F. P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning. Jurnal Kiprah, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.581




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.42442

Article Metrics

Abstract view : 174 times
PDF - 222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International