PENERAPAN MODEL CITRA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SASTRA PADA SISWA KELAS XII SMA PLUS TERPADU

Elysa Elvania, Yetty Morelent, Syofiani Syofiani

Abstract


CITRA (Cari Ide Tulis Tanpa Ragu) menjadi sebuah model dalam pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran bab apresiasi sastra khususnya dalam pembelajaran menulis sastra. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa menengah pertama di sekolah SMA Plus Terpadu Pekanbaru dalam menulis puisi yang berkaitan dengan tradisi setempat adapun siswa diharapkan mampu menciptakan puisi sesuai dengan topik yang diajarkan. Selain menggunakan model CITRA, teknik creative reading juga dijadikan sebagai salah satu penunjang siswa dalam proses kreatif menulis yakni dengan membaca serta memahami suatu teks terdahulu untuk memunculkan ide-ide baru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori CITRA yang dikemukakan oleh Hernacki dan Koentjaraningrat .Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa karya tulis siswa berbentuk lembar kerja siswa yang ditulis dalam selembar kertas. Hasil analisis yang ditemui dalam penelitian ini ialah terdapat 4 puisi yang ditulis oleh Samuel Jonatan, Ayu Syafira, Mulyadi dan Salwa dengan pemilihan kata yang tepat dan sesuai dengan topik. Dengan demikian siswa mampu menuliskan ide-ide, frase dan kata-kata sesuai topik dengan baik serta mampu memahami karakter puisisehingga tidak menghilangkan ciri khas puisidalam budaya lokal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.43706

Article Metrics

Abstract view : 136 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id