STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS PERTEMANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA USIA DASAR DI SDLB NEGERI 1 SELUMA

Puput Yunita

Abstract


Abstrak: Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Pertemanan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Usia Dasar di SDLB Negeri 1 Seluma. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru dalam meningkatkan keterampilan sosial dan pengaruhnya terhadap kualitas pertemanan anak berkebutuhan khusus pada usia dasar di SDLB Negeri 1 Seluma.Penelitian ini menggunakan metode campuran untuk menjawab permasalahan yang perlu diuji dari segi kualitatif dan kuantitatif agar memperoleh data yang lebih akurat dalam menjawab permasalahan startegi yang diguakan guru, faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan keterampilan sosial, serta pengaruh keterampilan sosial terhadap kualitas pertemanan anak berkebutuhan khusus pada usia dasar di SDLB Negeri 1 Seluma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada tujuh jenis strategi yang diterapkan guru dalam meningkatkan keterampilan sosial, penerapan strategi diterapkan secara sama kepada semua peserta didik dengan level kelas dan masalah yang berbeda.(2) faktor penghambat disebabkan kurangnya guru yang berkompetensi dalam bidang pendidikan luar biasa dan pemahaman orang tua terhadap penanganan yang tepat terhadap anak berkebutuhan khusus. Sedangkan faktor pendukung didukung oleh kerjasama guru dalam pengembangan dan penggunaan strategi yang sesuai, serta kerja sama dengan orang tua peserta didik. (3) terdapat pengaruh keterampilan sosial terhadap kualitas pertemanan anak berkebutuhan khusus pada usia dasar di SDLB Negeri 1 Seluma. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan r (2) faktor hambatan disebabkan kurangnya guru yang berkompetensi dalam bidang pendidikan luar biasa dan pemahaman orang tua terhadap penanganan yang tepat terhadap anak berkebutuhan khusus.Sedangkan faktor pendukung didukung oleh kerjasama guru dalam pengembangan dan penggunaan strategi yang sesuai, serta kerja sama dengan orang tua peserta didik. (3) terdapat pengaruh keterampilan sosial terhadap kualitas pertemanan anak berkebutuhan khusus pada usia dasar di SDLB Negeri 1 Seluma. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan r (2) faktor hambatan disebabkan kurangnya guru yang berkompetensi dalam bidang pendidikan luar biasa dan pemahaman orang tua terhadap penanganan yang tepat terhadap anak berkebutuhan khusus. Sedangkan faktor pendukung didukung oleh kerjasama guru dalam pengembangan dan penggunaan strategi yang sesuai, serta kerja sama dengan orang tua peserta didik. (3) terdapat pengaruh keterampilan sosial terhadap kualitas pertemanan anak berkebutuhan khusus pada usia dasar di SDLB Negeri 1 Seluma. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan r hitung 0,986 yang lebih besar dari r tabel dengan taraf singnifikasi 5% sehingga r tabel 0,632 sehingga r hitung > r tabel (0,986 > 0,632) yang artinya hipotesis kerja (H a ) dalam penelitian ini diterima. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaru yang positif dan singnifikan antara variabel X dan variabel Y.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.44165

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International