PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOOKLET UNTUK MENUMBUH KEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Abdul Jalil, Su'ad Su'ad, Su'ad Su'ad, Fitri Budi Suryani, Fitri Budi Suryani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran smart booklet yang diterapkan di di kelas 4 Sekolah Dasar pasca new normal pandemi COVID-19 sebagai sarana meningkatkan motivasi belajar siswa; (2) Mengembangkan  media pembelajaran smart booklet yang diterapkan di kelas 4 Sekolah Dasar pasca new normal pandemi COVID-19 sebagai sarana meningkatkan motivasi belajar siswa; (3) Menguji efektifitas penggunaan media pembelajaran smart booklet yang diterapkan di kelas 4 Sekolah Dasar pasca new normal pandemi COVID-19 sebagai sarana meningkatkan motivasi belajar siswa; (4) Mengetahui validitas media pembelajaran smart booklet yang diterapkan di kelas 4 Sekolah Dasar Pasca new normal pandemi COVID-19 sebagai sarana meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian RnD yang bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran Smart booklet untuk Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Ki Hajar Dewantoro dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan Pada uji t paired sampel t test B diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum menggunakan smart booklet dan sesudah menggunakan smart booklet. Maka penggunaan media pembelajaran smart booklet efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.


Keywords


Kualitas, Manajemen Keuangan, Kegiatan Evaluasi

Full Text:

PDF

References


Anonim.Mengenal dan Mempelajari Barcode (Bagian I). http://www.innovativeelectronics.com/files/files/37369_15a345_49c889.pdf

Audie, Nurul.2019. Peran Media Pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Vol 2 no 1 hal 586-595

Christine, Devy. 2015. Analisis Perancangan Sistem Barcode dalam Menangani Aliran Raw Material Kayu pada Departemen Lumberyard di PT Ebako Nusantara Semarang. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro,

Dewi Yulia Christie,Chitra.2019. Pengembangan Media Ajar Berdasarkan Penelitian Analisis Morfologi Durian Di Jawa Timur. Journal Koulutus Universitas Kahuripan Kediri

Dwi Pratomo, Wahyu. 2016. Pengembangan Buku Pintar Elektronik Sebagai Media Pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Unnes.

Fatimatur Rusdiyah, Evi. 2007. Media Pembelajaran (Implementasi untuk Anak di Madrasah Ibtidaiyah. Digilib unisby.ac.id

Fitiasih, Rosma. 2019. Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta di Kawasan Suban Air Panas Untuk Siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 3(1): 100-108(Mei 2019) e-ISSN 2598-9669

Firmansyah, Yudi. 2020. Pengaruh New Normal Pandemi Covid-19 Terhadap Pengolahan Sekolah dan Peserta didik. Vol 4 No 2 ISSN : 2541-6995 E ISSN : 2580-5517

Gemilang, Ritznor. 2016. Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo The Development Of Booklet As An Information Service Media to Understand Hedonism Life Style Of Eleventh Grade Students in SMAN 3 Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya

Indah Rukmana, Hartati. 2018. Kelayakan Media Booklet Submateri Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan Pontianak

Intika, Tiurida. 2018. Pengambangan Media Booklet Scince For Kids Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 1(1) (2018) 10-17

Kemendikbud. 2018. Bersahabat dengan Bencana Alam.Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Jalan Daksinapati BaratIV

Mareta, Nandian. 2014. Pengetahuan dan Manajemen Bencana. Indonesia Institue of sciences

Muthya Anggraini, Ika. 2021. Smart Booklet Media Pembelajaran Daring Sebagai Sarana “Study From Home” Bagi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Panca Bhakti. E-ISSN : 2774 – 4736 Volume 1 Nomor 1 - Januari 2021

M.Miftah. 2013. Fungsi dan Peranan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. https://media.neliti.com/media/publications/333175-fungsi-dan-peran-media-pembelajaran-seba-567ef6c4.pdf

Nurcahyo, Edy. 2021. Penerapan New Normal (Kenormalan Baru) Dalam Penanganan COVID-19 Sebagai Pandemi Dalam Hukum Positif. Universitas Muhammadiyah Buton-Indonesia

Nurita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasiil Belajar siswa. Misykat Volume 3 Nomor 01 juni 2018

Putu Ekayani, Ni Luh. 2017. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Ganesha University of Education

Ratnadewi Pralisaputri, Kurnia. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco ISSN: 2460-0768 Vol. 2, No. 2 (Juli 2016) Hal. 147-154

Rosidi, Ahmad,dkk. 2021. Normal (Kenormalan Baru) Dalam Penanganan Covid-19 Sebagai Pandemi Dalam Hukum Positif. https://jurnal.ugr.ac.id/index.php/jir/article/view/288/227

Rusby, Zulkifli. 2017. Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Al-hikmah Vol. 14, No. 1, April 2017 ISSN 1412-5382

Sitepu.2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bangung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprapto, Edy.2019. Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.2 No.2 Oktober 2019 p-ISSN: 2615-4196 e-ISSN: 2615-4072

Suruali, Nasir. 2011. Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Otentifikasi Produk Melalui Barcode. Jurnal TEKNOLOGI, Volume 8 Nomor 1, 2011; 851 - 858

Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikian Vol 2 No 2 Juli 2018

Wahid, Abdul. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Volume V Nomor 2 Maret 2018

Wahyono, Teguh. 2010. Membuat Sendiri Memanfaatkan Barcode. Universitas Kristen Satya Wacana

Yazidi, Akhmad. 2015. Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 (The Understanding of Model Of Teaching In Curriculum 2013). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Jalan Pakuan Bogor




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.44319

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International