PELATIHAN TIDAK LANJUT HASIL AKMI: KONSEP DAN PRAKTIK PADA GURU MI DI KOTA SUKABUMI

Khoirul Amri Hasibuan

Abstract


Pelatihan Tidak Lanjut Hasil Akmi: Konsep Dan Praktik Pada Guru Mi Di Kota Sukabumi. Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah penilaian yang dilakukan Kementerian Agama bertujuan mengetahui kemapuan siswa madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya. Pelatihan guru perlu dilakukan untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaan sistem penilaian yang baru perlu. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hasil AKMI serta membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan tindakan perbaikan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam setiap kompetensi yang diukur. Peserta kegiatan adalah 35 para guru dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan tergabung dalam KKG MI di kota Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan partisipatif atau Participatory Action Research (PAR) dengan cara meng identifikasi dan menganalisis kondisi terhadap masalah yang dihadapi masyarakat. Hasil angket peserta pelatihan teradap materi yang telah disampaikan 85% peserta  memahami dan bisa membaca hasil dari rapor AKMI, 82 % memiliki kemampuan merancang pembelajaran dengan level tingkat kemahiran peserta didik, dan 80% peserta dapat mengimplemntasikan literasi pada proses belajar mengajar. Program menunjukkan bahwa pelatihan tindak lanjut hasil AKMI dan pendampingan menunjukan hasil yang baik bagi guru-guru MI.

Keywords


PAR, AKMI, Literasi, Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


A. Lubis. 2013. Pelaksanaan Standar Nasional dalam Dunia Pendidikan.

D. A. Rokhim et al., 2021, Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar, JAMP J. Adm. dan Manaj. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 61–71.

D. Suryadien, R. Dini, and A. A. Dewi, 2022, Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia, J. PGMI UNIGA, vol. 1, no. 01.

E. Nurjanah, 2021, Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional, J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 76–85.

Faizah. M , Bisriyah.M, Hasanah. SM, 2022, Pembuatab Soal Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI): Teori dan Praktek Bagi Guru MI”, Journal of Research on Community Engagement(JRCE) Vol.4, No.1, September 2022, pp. 16~21 p-ISSN: 2614-1477; e-ISSN: 2597-629X.

H. E. Mulyasa, 2021,Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Lessy, D. 2022. Peningkatan Kemampuan Numerasi Bagi guru Melalui Bimtek Tindak Lanjut Hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 23–39. 2022.

M. Tohir, 2019, Empat Pokok Kebijakan Merdeka Belajar.

N. Novita, M. Mellyzar, and H. Herizal, 2021, Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan persepsi calon guru, JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 5, no.

R. A. Sani, 2021, Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara.

Rahmat, A dan Mirnawati, M, 2020, Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 65 Volume : 06 Nomor : 01 Bulan : Januari http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index.

Yusrianum dan Nurmawati, 2022, Analisis Penilaian Karakter Berbasis Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI),”, Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam e-ISSN: 2775-2933 Volume 3, Issue. 4, pp. 329-338, 2022.

------, 2021, Persamaan dan perbedaan ANBK dan AKMI, melalui laman tautan https://www.ayomadrasah.id/2021/09/persamaan-dan-perbedaan-anbk-dan-akmi.html

Diakses: 24 Desember 2022




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.44545

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Universitas Negeri Medan

Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id

 
slot gacor slot