UPAYA PENGAWAS SEKOLAH MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DI SMK NEGERI 1 PARGETTENG-GETTENG SANGKUT. KABUPATEN PAKPAK BHARAT. CABANG DINAS PENDIDIKAN KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Jamardi Manik

Abstract


Penelitian Tindakan Sekolah bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran model konstruktivisme. Subjek penelitian guru-guru yang bertugas di SMK Negeri 1 Pargetteng-getteng Sangkut. Kabupaten Pakpak Bharat Cabang Dinas Pendidikan Kabanjahe yang diwakili dari 4 sekolah Binaan dengan jumlah responden 35 orang. Penelitian dilakukan dua siklus dengan instrumen penelitian observasi, evaluasi kemampuan pada akhir siklus dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran konstruktivisme dapat dipahami guru dan perlu digunakan dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat melalui hasil olahan data sebagai berikut, awal kemampuan guru-guru menguasai model pembelajaran konstruktivisme 40,86 dengan tingkat penguasaan keseluruhan 11,43%. Setelah berlangsung pembinaan pengawas melalui modeling (simulator) pada siklus I penguasaan guru menjadi 62,29 (54,29%) peserta sudah memiliki kemampuan yang berubah, artinya 19 orang telah baik, 16 orang kurang. Kemudian pada siklus II terjadi pengulangan pembinaan dari pengawas dengan konteks yang sama pada siklus II tapi diperbaiki kesalahan pada siklus I maka diperoleh nilai perubahan kemampuan guru meningkat 75,14 atau 85,71% peserta sudah mencapai keberhasilan. Sisa peserta yang kurang baik sebanyak 5 orang akan ditangani lebih lanjut oleh pengawas.

Keywords


Konstruktivisme, Mengajar, Keterampilan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharjono dan S, (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Dahar, WR. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Gasong, D. 2007. Model pembelajaran Konstruktivistik Sebagai Alternative Mengatasi Masalah Pembelajaran. http://www.gerejatoraja.com.

Hariyanto. (2014). Asessmen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Johnson, Elaine B. (2008). Contextual Teaching and Learning. Mizan media Utama. Jakarta.

Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful, Sagala. (2012). Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2013. Belajar dan Pembelajaran (Pengembangan Wacan dan Praktik Pembelajaran dalam pembangunan Nasional). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Yaumi dan Ibrahim. 2013. “Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak”. Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i1.44597

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International