UPAYA MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA SISWA KELAS V DI UPTD SDN 1 JAYALAKSANA
Abstract
Upaya Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran SAVI pada Siswa Kelas V di UPTD SDN 1 Jayalaksana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SAVI, peningkatan hasil dan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA setelah menggunakan model pembelajaran SAVI. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V dengan jumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil observasi penerapan model pembelajaran SAVI pada siklus I memperoleh persentase 72,2% termasuk kategori cukup dan meningkat menjadi 93,4% pada siklus II termasuk kategori aktivitas tinggi. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I nilai rata-rata 66,2 dengan persentase 66,7% meningkat menjadi 84,5 dengan persentase 91,7% pada siklus II. Sementara hasil angket minat belajar yang diperoleh siswa pada siklus I dengan persentase 76% dengan kategori baik dan meningkat menjadi 88% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V di UPTD SDN 1 Jayalaksana.
Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, Minat Belajar
Full Text:
PDFReferences
Abi, H. M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Atiyah, U., Untari, M. F. A., & Tsalatsa, A. N. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. International Journal of Elementary Education, 3(1), 46. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17284
Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam pada Anak Usia Dini. PM Publisher.
Hasibuan, J. J. & Moedijono. (2012). Proses Belajar Mengajar. Moedijono.
Hidayat, P. W. (2018). Analisis Profil Minat Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Matematika SD pada Mahasiswa S1 PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal LEMMA, 4(2). https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i2.2748
Indarti, R. (2022). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Melalui Pendekatan SAVI dengan Media Lembar Kerja pada Peserta Didik Kelas VII B SMP Negeri 2 Miri. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(1). https://doi.org/10.37729/jpse.v8i1.1858
Kholil, M., & Sholeh, M. (2021). Analisis Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih. FONDATIA, 5(2), 197–209. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1415
Lestari, N. F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengembangkan Keterampilan 4C Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 86-91.
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.601
Mahasuka, P. G. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran SAVI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 1 Sukasada pada tahun pelajaran 2016/2017. Daiwi Widya, 4(3). https://doi.org/10.37637/dw.v4i3.37
Mustadi, A. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. UNY Press.
Ngalimun. (2012). Strategi dan model pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Pratiwi, A. P., & Bernard, M. (2021). Analisis minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada materi satuan panjang dalam pembelajaran menggunakan media scratch. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 891-898. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.891-898
Putri, N. A. F., & Hasyim, B. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tipe SAVI pada Pembelajaran Gambar Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tpm di SMKN 1 Kalitengah Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17604
Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah, 25(1). https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.237
Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara.
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Rajawali Pers.
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 . Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi. Rineka Cipta.
Sulaksana, Y. T., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) berbantuan LKS terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(3), 180-188. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19346
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (1st ed.). Kencana.
Sutrisno. (2020). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Ahlimedia Press.
Tiyas, D. (2019). Keefektifan Model SAVI Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA SDN Lawatan 01 Kabupaten Tegal. Indonesian Journal of Conservation, 8(1). https://doi.org/10.15294/ijc.v8i1.22681
Wardani, F. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PANCAR, 1(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765
Yulandra, R., Pratiwi, & Pujiastuti, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran STAD dan SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Mandurian Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 107-123. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v19i1.4197
Yuliana, D., & Sisma, R. U. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 52–92. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.19
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.46948
Article Metrics
Abstract view : 137 timesPDF - 121 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id