PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SEKOLAH DASAR

Julianne Uswatun Hasanah, Dede Margo Irianto, S. Nailul Muna Aljamaliah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya variasi media pembelajaran dalam membantu siswa memahami materi IPA. Adapun gaya belajar siswa kelas V SDN 058 Babakan Ciparay yakni memiliki gaya belajar visual, audio, dan audio visual. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media komik digital sebagai media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami mata pelajaran IPA materi siklus air. Media komik digital yang dikembangkan pada penelitian ini memuat unsur audio berupa audio narasi dan audio dialog tokoh yang sesuai dengan cerita komik sehingga siswa dengan gaya belajar audio dan visual dapat menggunakan media komik digital dalam mempelajari mata pelajaran IPA materi siklus air. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media komik digital memperoleh hasil dari validasi ahli media 97,2%, ahli materi 89,5%, dan ahli bahasa 86,1%. Berdasarkan hasil uji coba media komik digital memperoleh respon oleh guru 100% dan siswa 87,2%. Oleh karena itu, media komik digital mendapatkan kategori “sangat layak” digunakan dalam pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar karena materi dalam media komik digital telah sesuai dengan kompetensi dasar dan media komik digital memiliki kebergunaan dalam membantu siswa memahami materi pembelajaran.


Keywords


Komik Digital; IPA; Siklus Air

Full Text:

PDF

References


Ambaryani, & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 1, 3. . http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/3853

Budiarti, W. N., & Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233–242. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Hardiyanti, D. A., Fakhriyah, F., & Fathurohman, I. (2019). Pengembangan Media Komik Strip Berbasis Keunggulan Lokal pada Materi Gaya dan Cerita Fiksi di Kelas IV Muatan Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 397–407. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/3279

Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Media Akademi.

Juneli, J. A., Sujana, A., & Julia, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Penguasaan Konsep Peserta Didik SD Kelas V. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1093–1102. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070

Meidyawati, S., WS, R., & Hodidjah. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Membaca Pemahaman di Kelas V SD Negeri 2 Gunung Pereng Kota Tasikmalaya. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 283–295. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i2.7342

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. KWANGSAN: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105. https://doi.org/ 10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Munisah, E. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Elsa, 18(1), 23–32. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.231

Nafala, N. M. (2022). Implementasi Media Komik dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 114–130. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v3i1.571

Nursholihat, K., Sujana, A., & Karlina, D. A. (2017). Peranan Media Komik Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V SD Pada Materi Daur Air (Penelitian Pre-Experimental Terhadap Siswa Kelas V SD Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 711–720. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10110

Oktaviana, M., & Ramadhani, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1090

Pinatih, S. A. C., & Putra, DB. Kt. N. S. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279

Purnama, U. B., Mulyoto, & Ardianto, D. T. (2015). Penggunaan Media Komik Digital dan Gambar Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau dari Minar Belajar Siswa. TEKNODIKA, 13(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/teknodika/article/view/6793

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3), 431–420. https://doi.org /10.21831/cp.v3i3.2385

Putri, A. I. V., Kuswandi, D., & Susilaningsih. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377

Rizky, I. A. (2022). Tutorial Pembuatan Media Komik Digital Pada Pembelajaran IPA Kelas 4. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 391–397. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.113

Siregar, A., & Siregar, D. I. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Sistem Informasi (JASISFO), 2(1), 114–126. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jasisfo/article/view/3342

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosisal Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171–185. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.g2701

Supartayasa, I. K. R., & Wibawa, I. M. C. (2022). Belajar Siklus Air dengan Media Komik Digital Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 127–137. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46279

Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Smarthphone untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081

Theresia, E., Rohana, & Ayu, I. R. (2023). Pengembangan Media Video Blog (Vlog) Berbasis Kearifan Lokal Materi Kegunaan dan Siklus Air pada Siswa Kelas V SD. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 191–204. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14400

Umbaran, F. A., Robandi, B., & Giwangsa, S. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Meme/Rage Comic Dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 50–57. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v7i2.51832

Zain, A. A., & Widya, P. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Powerpoint Interaktif sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 75–81. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1205




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.48858

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Julianne Uswatun Hasanah, Dede Margo Irianto, S. Nailul Muna Aljamaliah



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International