KETERAMPILAN GURU DALAM PEMANFAATAN CANVA DAN QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI KOTAGEDE 3
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan guru SD Negeri Kotagede 3 dalam pemanfaatan canva sebagai bahan ajar dan quizizz sebagai media evaluasi berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara dengan sumber-sumber data yang diperlukan. Hasil dari penelitian ini adalah guru kelas VI A mempunyai keterampilan dalam membuat PowerPoint yang ada di canva sebagai bahan ajar. Selain itu, guru kelas VI A juga mempuyai keterampilan dalam memanfaatkan quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran untuk muridnya. Dengan menerapkan bahan ajar berupa PowerPoint membuat peserta didik tertarik dalam mengikuti pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1376
Fawaid, M. M. (2017). IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA. 2(1). http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum
Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462
Irkhamni, I., Zulfa Izza, A., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (n.d.). PEMANFAATAN CANVA SEBAGAI E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
Jaya, H. N. (2017). KETERAMPILAN DASAR GURU UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG MENYENANGKAN. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (Vol. 17, Issue 1).
Munasiah, Z. H. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Membuat Media Pembelajaran. 6, 1–6.
Ngatmiyatun, B. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN MICROSOFT OFFICE 365 MELALUI PELATIHAN DAN SIMULASI PADA GURU SEKOLAH DASAR. 5, 2–9.
Pamela, I. S. dkk. (2019). KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS. 3, 1–8.
Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD (Vol. 4).
Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., & Jupriadi, J. (2023b). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(1), 40. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16070
Pratiwi, C. P., & Ediyono, S. (2018). Analisis keterampilan guru sekolah dasar dalam menerapkan variasi pembelajaran. JS (Jurnal Sekolah), 4(1), 1–8.
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan media vidio call dalam teknologi komunikasi. 1, 1–23.
Purnamawanti, U., & Herawati, W. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 DI MI AL KHOERIYAH KABUPATEN BOGOR. 12(2), 74–97.
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113. https://doi.org/10.29210/1202121176
Slamet Sugiyarto, U., Wulandari, Y., Casworo, A., Wonoboyo, K., Tengah, J., Bahasa dan Sastra Indonesia, P., Luwunggede, S., Larangan, K., Brebes, K., & Author, C. (2020). INTERACTIVE POWERPOINT LEARNING MEDIA IN BASIC SCHOOL OF LEARNING MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. In Jurnal CERDAS Proklamator (Vol. 8, Issue 2).
Wijayanti, S. H. (n.d.). CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Peningkatan Keterampilan Guru dalam Menggunakan Quizizz di Sekolah Dasar History Article. https://doi.org/10.31960/caradde.v4i3.1259
DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.49292
Article Metrics
Abstract view : 155 timesPDF - 116 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Arifa Andriani, Lovandri Dwanda Putra, Yuni Puji Astuti, Syerina Aprilia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Universitas Negeri Medan
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id