PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTU MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDIT AL-ISHLAH SUDIMAMPIR KECAMATAN BALONGAN KABUPATEN INDRAMAYU

Pinedi Pinedi, Dinda Luthfiana Rozak, Dadang Suhada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan metode bercerita berbantu media boneka tangan pada siswa kelas II SDIT Al-Ishlah Sudimampir Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dilatar belakangi masalah Rendahnya minat dan antusias siswa dalam belajar Bahasa Indonesia dan rendahnya hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus masih rendah atau belum mencapai KKM. Pada siklus 1 telah diterapkan penggunaan metode bercerita berbantu media boneka tangan pada proses pembelajaran peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan penggunaan metode bercerita berbantu media boneka tangan pada proses pembelajaran pada siklus 1 mencapai ketuntasan sebesar 55% atau sebanyak 11 siswa. Pada siklus 2 meningkat menjadi 85% sebanyak 17 siswa yang tuntas melebihi indikator keberhasilan sebesar 80%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode bercerita berbantu media boneka tangan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD IT Al-Ishlah.

Keywords


Metode Bercerita; Boneka Tangan; Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Djamilah, A. (2019). Penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema pengalaman diri. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 1(1), 1-8. https://doi.org/10.52005/belaindika.v1i1.4

Fadillah, M. 2014. Implelmelntasi Kurikulum 2013 Dalam Pelmbellajara SD/MI. SD/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz.

Hamdani. 2011. Stratelgi Bellajar Melngajar. Bandung : Pustaka Seltia.

Khairunnisa, K., & Aryanti, D. (2018). Penerapan Media Boneka Tangan dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IIIB MI At-Thayyibah. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 107-116. http://dx.doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v8i2.2366

Mulyati, Yelti. 2015. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta.

Ngalim Purwanto,. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ningsih, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4), 243-256. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3990

Nurhasanah, N., Wurianto, A. B., & Arifin, B. (2016). Pengembangan media kijank (komik indonesia, jawa, dan aksara jawa) pembelajaran bahasa jawa kelas 5 sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(4), 267-273. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i4.2798

Saptawuni, E. (2021). Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Informasi Hasil Pengamatan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1958-1964. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1740

Saroni, M. 2011. Personal Branding Guru. Yogyakarta: Affaruz Meldia.

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.49616

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pinedi, Dinda Luthfiana Rozak, Dadang Suhada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International