PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN DISKUSI KELOMPOK MATERI RECOUNT TEXT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 PAYAKUMBUH

Elvia Nengsih, Naurah Nazifah, Asrizal Asrizal

Abstract


Peran seorang guru mempengaruhi tingkat keberhasilhan pencapaian pembelajran. Masalah di dalam kelas yang dihadapi guru berupa rendahnya kegiatan belajar siswa pada proses belajar mengajar yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan model discovery learning dengan diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar bahasa inggris siswa. Jenis penelitian adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan hasil tes belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SMAN 1 Payakumbuh pada siswa kelas XI MIPA 1. Hasil analisis data mengindikasikan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat untuk 5 indikator sedangkan untuk 5 indikator lainnya adalah tetap. Hasil belajar pada aspek pengetahuan meningkat dari 79,11 menjadi 88,00, sedangkan hasil belajar pasa aspek keterampilan meningkat dari 82,64 menjadi 86,00. Jadi, penerapan model discovery learning dengan diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa.


Keywords


Discovery Learning; Recount Text; Aktivitas; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Affandi, Y., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2022). The Evaluation of JIDI (Jigsaw Discovery) Learning Model in the Course of Qur'an Tafsir. International Journal of Instruction, 15(1), 799-820. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15146a

Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., & Festiyed, F. (2019, October). Effects of instructional material of natural science with literacy skills of our respiratory and excretory health theme on academic achievement of students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1317, No. 1, p. 012174). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012174

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Ariyana, A., Enawar, E., Ramdhani, I. S., & Sulaeman, A. (2020). The application of discovery learning models in learning to write descriptive texts. Journal of English Education and Teaching, 4(3), 401-412. https://doi.org/10.33369/jeet.4.3.401-412

Busrial, B. (2022). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa inggris melalui penerapan model siklus belajar (learning cycle). Jurnal inovasi, evaluasi dan pengembangan pembelajaran (jiepp), 2(1), 1-8. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp/article/view/130

Dara, P. (2022). Pengaruh Pelaksana an Layanan Konseling Kelom pok Dengan Teknik Self Management Dalam Meningkat kan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Bandar Lam pung (Doctoral Disserta tion, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/21386/

Darmayanti, D. (2022). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Pengajaran Variatif Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Baubau. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 256-263. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.120

Dharmayudha, I. P. E. (2022). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. Inovasi Jurnal Guru, 8(9), 1-6. http://www.jurnalinovasi.org/index.php/IJG/article/view/311

Ekaningsih, N. K. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Teks Prosedur Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas IXE SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(1), 43-53. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jupenji/article/view/566

Etikasari, R., Degeng, I. N. S., & Rusmawati, R. D. (2023). Pengembangan E-Book Bahasa Inggris Kelas XI SMA Di SMA Negeri 1 Kampak Kabupaten Trenggalek. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 289-302. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/1313

Eviyanti, W. (2017). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 2 SINUNUKAN MELALUIEFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN. JGK (Jurnal Guru Kita), 1(3), 86-93. https://doi.org/10.24114/jgk.v1i3.9462

Faisal. (2014). Sukses Mengawali Kurikulum 2013 di SD. Yogyakarta: Diandra Creative.

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran learning management system (LMS) berbasis edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13-20. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Kasmawati, K. (2021). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN TEKS NARRATIVE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS XI IPS-3 SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JGK (Jurnal Guru Kita), 5(2), 153-156. https://doi.org/10.24114/jgk.v5i2.36654

Kurniady, Y., & Sugeng, Y. (2023). PENTINGNYA KECERDASAN EMOSIONAL BAGI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMA ANTIOKHIA KETAPANG KALIMANTAN BARAT. Metanoia, 5(2). https://ejournal.sttdp.ac.id/metanoia/article/view/99

Latifah, N. (2023). Optimalisasi Flipped Classroom untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal HOTS Procedure Text. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 593-601. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.602

Lewinsohn, C. R. F., Gislene, G., Leonardo, R. J., Johannes, K., Gerhard, E., Daniela, P., & Wolfgang, W. W. (2015). The Effectiveness of Applying the Future Problem Solving Prog ram to Solve A Wide Range of Future Environmental Prob lems Among Students Who Are Illiterate. The Royal Swedish Academy of Sciences. AMBIO, 44, 154–162.

Masfufah, I. (2022). BEKAL KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Edupena, 3(2), 95-109. http://ejournal.edupena.id/index.php/jurnaledupena/article/view/60

Muhammad, I., Darmayanti, R., & Arif, V. R. (2023). Discovery Learning Research in Mathematics Learning: A Bibliometric Review. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 72-84. https://www.journal.assyfa.com/index.php/dpjpm/article/view/77

Nazifah, N., Izzah, N., Suryanti, E., & Hanum, S. A. (2022). MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI GELOMBANG DAN ALAT OPTIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 11-18. https://doi.org/10.36706/jipf.v9i1.15564

Nasution, F., Hasibuan, Y. R., Manurung, E., & Wahyuni, E. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Melalui Peningkatan Kualitas Pengajaran. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 2(2), 54-58. https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/5043

Purba., P. B., Juliana, A. T. M., Kuswandi, S., Hulu, I. L., Sitopu, J. W., Pasaribu, A. N., Yuniawati, I., Masrul. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). The effect of discovery learning models to learning outcomes students and students activities. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91-94. https://doi.org/10.22611/jpf.v6i2.6927

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Bela jar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102-111. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/20489

Sofian, S. R. A., Subchan, W., & Sudarti, S. (2022). Penerapan model discovery learning berbantuan google lens untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 176-189. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.5972

Sugiharyanti, E. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 438-444. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.539

Susanti, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 6(1), 22-36. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.813




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50095

Article Metrics

Abstract view : 135 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elvia Nengsih, Naurah Nazifah, Asrizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International