IMPLEMENTASI MODUL BELAJAR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 PEJANGGIK

Muhammad Sobri, Muhammad Syazali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi modul belajar jenjang sekolah dasar sebagai upaya peningkatan literasi siswa di Sekolah Dasar Negeri 3 Pejanggik. Penelitian ini termasuk dalam jenis quasi eksperimen, dan lokasi penelitiannya adalah di Sekolah Dasar Negeri 3 Pejanggik, Kabupaten Lombok Tengah. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak. Uji hipotesis yang akan digunakan adalah uji-t dua pihak pada taraf signifikansi 5%.. Adapun kesimpulan dari penelitian adalah penggunaan modul belajar dalam proses pembelajaran dapat memberikan andil terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan dua cara yaitu 1) secara deskriptif, penggunaan Modul Belajar Siswa dapat meningkatkan literasi peserta didik, ini dibuktikan dari nilai pre-tes yang rata-ratanya 29.17 naik menjadi 40.33 pada pos-tes, di mana selisihnya sebesar 11.17; 2) berdasarkan hasil visualisasi pre-tes dibandingkan dengan hasil pos-tes. Pada hasil pre-tes, frekuaensi tertinggi adalah nilai 20 sedangkan pada pos-tes, frekuensi tertinggi berada pada nilai 30. Nilai dari hasil pre-tes paling banyak berkumpul pada interval nilai 0.00 sampai dengan nilai 40.00.

Keywords


Literasi; Modul Belajar; Peningkatan; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Amini, R., & Saniyah, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture And Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835–841. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.769

Monica, R., Ricky, Z., & Estuhono, E. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning pada Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4470–4482. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1470

Nizaar, M., Haifaturrahmah, H., Abdillah, A., Sari, N., & Sirajuddin, S. (2021). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Direct Intruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6150–6157. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1792

Nuroso, H., & Siswanto, J. (2012). Model Pengembangan Modul Ipa1Terpadu Berdasarkan Perkembangan Kognitif Siswa1). Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 35–46. https://doi.org/10.26877/jp2f.v1i1/april.106

Rofifah, D. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Rulyansah, A., & Sholihati, M. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kecakapan Hidup pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 194. https://doi.org/10.30651/must.v3i2.2088

S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468

Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230

Yuristia, F., Hidayati, A., & Ratih, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2400–2409. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2393




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50158

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Sobri, Muhammad Syazali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International