PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MURDER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TEGALYOSO KLATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Elviyani Nur Hidayah, Jajang Susatya, Nela Rofisian

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Tegalyoso Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian control group pretest-posttest design. Populasi penelitian berjumlah 38 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan uji-t didapat thitung sebesar 5,254 dengan tabel df = 36 adalah 2,028 artinya thitung 5,254 > ttabel 2,028, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan hasil uji N-Gain Score dalam persen untuk kelas eksperimen adalah sebesar 69,7% termasuk dalam kategori tafsiran Cukup efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER terhadap hasil belajar siswa kelas V, yaitu hasil belajar siswa mengalami peningkatan, keterlibatan yang aktif dan penuh semangat dalam  proses belajar, serta terjalinnya kerjasama yang baik antara siswa dalam kegiatan kelompok dan diskusi.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER; Hasil Belajar Siswa; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agustandi, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teknik MURDER dan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 75/III Koto Rendah (Doctoral dissertation, Universitas jambi). https://repository.unja.ac.id/21425/

Daryanto & Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Dodiet Aditiya S. 2021. Petunjuk Praktikum Uji Normlitas & Uji Homogenitas Data Dengan SPSS. Surakarta: Tahta Media Group.

Ismail Fajri.. 2018. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Palembang: Karya Sukses Mandiri.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Payadnya Andre & Jayantika Trisna. 2018. Panduan Peneitian Ekperimen Besera Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Saputra, Hatta. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE‟s Publishing.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Isran, I., & Hidayati, H. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, RIVIEW) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 71-78. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/675

Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. BINTANG, 2(2), 180-191. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/890




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50264

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elviyani Nur Hidayah, Jajang Susatya, Nela Rofisian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International